Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kontak

Nama  : Hamzah Vensuri
email   : hamzahvensuri@gmail.com
HP         : +6285225382867 (WA / SMS)
Alamat : Jln. Guak Rantau No. 338 Simp. Sawah Baliak Koto Baru, Kec. Kubung Kab. Solok Sumatera Barat 27361

Deskripsi tentang tanah kelahiran admin
  
      Guak rantau terletak di Jorong Simpang sawah baliak di Kenagarian Koto Baru, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat, merupakan daerah yang terletak diperbatasan antar tiga nagari yaitu Kenagarian Cupak dan Kenagarian Salayo. Tempat kelahiran admin juga terletak diperbatasan kecamatan yaitu antara Kecamatan Kubung (tempat admin berdomisili) dengan Kecamatan Gunung Talang. Guak Rantau merupakan dataran tinggi di bukit barisan, jadi untuk mencapai kediaman admin, sahabat akan menyusuri jalan yang mendaki.
     
     Listrik masuk ke Guak Rantau kisaran tahun 1995. Sebelum listrik masuk desa, penerangan masyarakat masih berupa lampu minyak tanah dan terkadang obor untuk berjalan dimalam hari. Senter dengan media baterai pada saat itu menjadi primadona bagi masyarakat untuk berjalan pada malam hari.

     Pada waktu dulu ketika admin masih kecil, kegiatan mengaji dilaksanakan pada sore hari ba'da Ashar untuk anak-anak dan malam hari untuk para remaja. di desa kami mempunyai sebuah Mushalla dengan sebutan Surau bernama Mushalla Darussalam. Ditempat itulah kegiatan keagamaan terpusat, anak-anak yang sudah fasih membaca Al-Qur'an secara konsisten akan dipindahjadwalkan untuk mengaji dimalam hari bersama remaja-remaja. Keberhasilan tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi anak-anak yang telah berjuang untuk pandai membaca Al-Qur'an.

     Mata pencaharian masyarakat di Guak Rantau sebagian besar adalah bertani dan mengembalakan ternak, ada juga yang bekerja sebagai pegawai, tukang dan pedagang, terdapat lahan sawah yang luas dikampung kami. cara bercocok tanam tradisional sebagian masih dipertahankan dan dipakai walaupun perkembangan alat pertanian sudah semakin tinggi. Kabupaten Solok adalah daerah penghasil beras, karena di Kabupaten Solok mempunyai lahan yang sangat luas dan mempunyai produk unggulan beras khas Solok, dengan demikian Solok dijuluki Kota beras yang terkenal dengan sebutam Beras Solok. Guak Rantau merupakan salah satu daerah penyumbang penghasil beras di Kabupaten Solok.

     Akses jalan menuju Guak Rantau sudah bagus, yaitu berupa aspal, walaupun masih ada sedikit jalan yang belum di aspal (red: aspal curah), di Guak Rantau kita dapat menikmati pemandangan alam, kita dapat melihat Gunung Talang, Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Kita juga dapat melihat hamparan sawah yang luas berjejer diselingi pohon kelapa yang bersusun membentuk hamparan hijau, pada waktu padi menguning hamparan tersebut berubah menjadi dua warna yaitu hijau dan kuning. admin rasa dengan keindahan alam tersebut, suatu saat Guak Rantau bisa menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Solok.

     Demikianlah sedikit deskripsi tentang tanah kelahiran admin. Jika ada yang kurang, admin mohon maaf dan mohon ditambahkan. salah hangat untuk sahabat TeBe.

Berlangganan via Email