Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Galau Bila Air Sumur Kotor! Ini Solusi Hematnya

Terus Berjuang | halo sahabat TeBe, masih tentang air, kali ini admin ingin membahas berkenaan dengan cara menjernihkan air secara sederhana dengan alat dan bahan yang ada disekitar kita. Membahas tentang air bersih memang tiada habisnya, kebutuhan primer yang harus dan kudu ada. Banyak sekali kita temui didesa yang tidak ada layanan air bersih menggunakan air sumur untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, pun dikota besar, media sumur juga masih jadi primadona dalam keseharian. Masalah yang muncul adalah air sumur yang tercemar baik kandungan maupun kejernihannya. Tak jarang kita temui air sumur terlalu banyak mengandung zat besi sehingga air menjadi berbau dan tidak aman untuk dipakai. Dan kendatipun warna air sudah bersih dan jernih, tapi kandungan logam didalamnya sanagt tinggi sehingga juga tidak aman untuk dikonsumsi.
Jangan Galau Bila Air Sumur Kotor! Ini Solusi Hematnya

Baca Juga:  Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

Admin yakin setiap masalah itu pasti ada solusinya, begitupun dengan air. Kita dapat melakukan pemurnian dan penjernihan air secara sederhana dengan menggunakan alat dan perlengkapan sekitar, tentunya dapat menghemat biaya tanpa harus membeli alat penyaring yang sudah punya hak paten. Penjernihan air sangat membantu sekali lo! Yuk kita intip cara – cara sederhana membuat penyaring air agar menjadi bersih dan higienis.
  
  Disini admin akan mengulas 2 media saja ya guys, dengan prinsip dan struktur penyaringan yang sama.

1. penyaringan dengan menggunakan botol air mineral. 

Caranya cukup mudah, siapkan alat dan bahan berupa botol bekas minuman mineral (ukuran bisa disesuaikan dengan selera), ijuk, kerikil. Pasir, dan kain. Yuk kita masuk ke sesi pembuatan penyaringan ini, pertama ambillah botol dengan memotong bagian dasar botol sampi bolong, posisikan botol tersebut dengan posisi terbalik, leher botol kebawah dan dasar botol diatas. Beri kain dengan cara diikat pada tutup botol (bagian yang mengerucut dari leher botol / yang biasa dijadikan tempat minum) hingga tertutup, ini bertujuan untuk mencegah bahan – bahan jatuh ke bak penampungan air bersih. Setelah itu masukkan secara berurutan ijuk kerikil dan pasir. Jangan lupa luangkan tempat untuk penampungan air yang akan disaring, dan alat sederhana untuk menyaring air ini sudah bisa digunakan.
2. Penjernihan dengan Bak Penyaring

Jangan Galau Bila Air Sumur Kotor! Ini Solusi Hematnya

    
Selanjutnya untuk skala besar guys. Penjernihan air kotor ini biasanya memakai bak yang cukup besar yang dinamakan dengan bak penyaringan. Bak penyaringan memakai bahan yang cukup banyak juga, yang tingkatnya tidak sama dengan penyaring air dengan botol tadi. Caranya mudah, sediakan alat dan bahannya berupa bak penyaringan dengan tinggi lebih kurang 150 CM, batu kali, ijuk, pasir halus, arang tempurung kelapa, kerikil, dan batu biasa,
Bak penjernih diberi kran dibagian bawah untuk tempat keluar air bersih ke penampungan. Lalu isilah bak penyaring dengan batu yang berukuran biasa (bukan batu kali) setinggi 15 CM, lalu masukkan kerikil diatasnya setinggi 10 CM, selanjutnya masukkan arang tempurung kelapa ke dalam bak penyaringan setinggi 15 CM, lalu masukkan pasir halus setinggi 20 CM, seterusnya masukkan ijuk juga setinggi 20 CM, lalu masukkan lagi pasir halus setinggi 15 CM, berikutnya ijuk lagi setinggi 15 CM dan selesai.

Bak penyaringan dengan alat dan bahan seperti ini sangat digunakan untuk penyaringan limbah atau air yang tingkat kekeruhannya tinggi. Untuk awal pemakain air tidaka akan langsung jernih, tapi lama kelamaan air akan semakin jernih dan aman untuk dikonsumsi.
Demikianlah untuk hari ini sahabat TeBe, semoga bermanfaat dan maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan. Salam kompak.

Posting Komentar untuk "Jangan Galau Bila Air Sumur Kotor! Ini Solusi Hematnya"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email