Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi makanan khas Yogyakarta

Terus Berjuang | Sahabat TeBe, makanan khas di Yogyakarta yang harus sahabat cicip jika berkunjung ke Jogja sangat banyak sekali, mulai dari makanan yang manis hingga makanan pedas. Makanan tersebut tampaknya sudah menjadi ciri khas dari jogja itu sendiri. Admin merangkum beberapa makanan yang sangat rekomended yang harus sahabat coba jika berkunjung ke Jogja.

Baca Juga:  Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

1. Gudeg

Makanan khas jogja ini terbuat dari bahan nangka muda yang disajikan dengan nasi, kerupuk dan berbagai macam lauk. Makanan ini sangat terkenal sehingga menjadi ikon daerah Jogja, sebutan untuk jogja pun melekat dengan “Jogja Kota Gudeg”. Jika sahabat berlibur ke Jogja, maka sahabat dapat menemukan banyak sekali warung gudeg, mulai dari warung kecil hingga warung besar yang sudah terkenal di Jogja. Silahkan sahabat merasakan sensasi manis dari makanan ini, jika lidah sahabat tidak terbiasa dengan makanan yang manis, sahabat bisa menambahkan sambel sebagai pelengkap hidangan Gudeg sahabat. Gudeg ini pertama kali dibuat oleh mbah Yu Djum dan akhirnya berkembang hingga saat ini.

2. Tahu, tempe, telur, ayam serba Bacem

Ada yang istimewa disini, makanan yang sangat merakyat dan telah ada sejak sekian lama, yapss,, makanan yang serba bacem, bisa dibuat berupa tahu bacem, tempe bacem, telur bacem, ayam bacem dan lain sebagainya. Yang menjadi objek khasnya adalah “bacem” nya. Memberikan sensasi manis dan asam yang membangkitkan selera. Sahabat bisa menikmati ini dengan nasi sebagai pengganti lauk atau bisa juga sebagai tambahan hidangan dari gudeg. Sangat menggoda selera dengan sensasi yang belum pernah sahabat temukan di daerah tempat sahabat.

3. Nasi Kucing

Sebenarnya nasi kucing juga banyak ditemukan didaerah lain selain jogja, lebih tepatnya makanan ini merupakan khas dari daerah di pulau jawa. Tapi sekali lagi penyajiannya dengan khas jogja menjadikan nasi kucing Jogja berbeda dengan nasi kucing didaerah lainnya. Nasi Kucing disini tidak hanya bisa kita nikmati dengan mendoan, tapi juga bisa kita nikmati dengan makanan khas jogja. Pada saat ini, nasi kucing telah mengalami transformasi yang sangat pesat. Mengapa? Nasi kucing sekarang tidak terbatas pada sambel tempe dan sambel teri saja. Tampaknya sudah ada inovasi yang berkembang dengan pesat masalah pernasikucingan di Jogja. Nasi kucing di Jogja telah memiliki berbagai macam lauk pelengkap, mulai dari yang sederhana sampai ke lauk yang mahal sekalipun. Sahabat bisa menyesuaikan dengan kantong sahabat. Maka dari itu berhati-hatilah memilih angkringan yang cocok untuk dijadikan lesehan dalam berwisata.

4. Bakpia

Makan ini tentunya juga tak lepas dari Kota Yogyakarta, sebuah makanan khas yang sudah ada sejak dahulu. Bakpia sendiri adalah makanan khas yang berbentuk bulat pipih didalamnya berisi manisan seperti Kacang ijo, coklat, keju dan lain sebagainya. Sahabat dapat mencarinya di central bakpia Pathuk didekat kawasan Malioboro.

5. Lumpia

Merupakan makanan yang terbuat dari tepung yang dibentuk berupa lembaran dan digulung dan diisi dengan wortel, mie, ayam serta bumbu lainnya. Makanan ini juga banyak diminati oleh pengunjung. Sahabat bisa menemukan makanan ini disepanjang jalan Malioboro, silahkan sahabat icip-icip dan bedakan variasi rasanya.

6. Wedang Ronde.

Minuman dikala dingin dengan seduhan jahe yang sangat menyehatkan, ditambah dengan roti, kacang dan ronde didalamnya, sahabat bisa menikmati ini Bersama teman dan keluarga. Rasanya enak dan dibuat dari bahan herbal.

7. Nasi Padang.

Hehehe, hanya tambahan saja ya sahabat, tidak termasuk dalam jajaran makanan khas Jogja, bagi sahabat yang tidak bisa kompromi dengan makanan manis atau makanan yang sangat pedas, solusinya adalah makan Nasi Padang saja. Katanya Nasi Padang itu cocok dengan semua selera masyarakat Indonesia. Banyak sekali sahabat bisa temukan warung Nasi Padang didaerah Jogja. Umumnya disetiap sudut Kota Jogja ada saja warung atau Rumah Makan Padang. Jadi jangan takut, karena di Jogja juga banyak menjual makanan khas daerah lainnya selain Nasi Padang.

Demikianlah enam makanan khas Jogja yang harus sahabat coba jika berkunjung ke Jogja. Selamat datang di Yogyakarta, semoga liburan sahabat menyenangkan di Kota Istimewa ini.

6 Rekomendasi makanan khas Yogyakarta

Posting Komentar untuk "6 Rekomendasi makanan khas Yogyakarta"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email