Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Exeptio plurium litis consortium

Pengertian

Para tergugat menginginkan ada pihak ketiga yang ditarik

Penjelasan

Maksudnya pihak ketiga yang ditarik adalah adalah gugatan tersebut kurang pihak sehingga ada pihak ketiga yang dijadikan subjek gugatan bukan orang yang sedang dih=gugat. Maka ini disebut dengan error in persona sehingga cacat formil dan gugatan ini dapat ditolak oleh pengadilan.

Dalam mengajukan gugatan penggugat harus dengan teliti menentukan isi gugatan , bisa gugatan yang ditujukan salah orang, salah orang maksudnya adalah isi gugatan tidak ada kaitan dengan dirinya sehingga dengan muda dapat dibantah dan ditolah oleh pengadilan. Pengadilan yang berwenang mempunyai kekuasaan untuk melakukan pemeriksaan sebelum masuk ketahap peradilan.

Pengadilan yang menerima gugatan akan mengkaji terlebih dahulu apakah unsur-unsur gugatan terpenuhi. Unsur-unsur tersebut harus dicantumkan secara jelas, mulai dari identitas tergugat, identitas penggugat, objek gugatan, sampai keisi gugatan dang anti kerugian yang diinginkan. Jika belum siap terhadap hal tersebut sebaiknya niat untuk melakukan gugatan harus diurungkan terlebih dahulu dengan arti kata persiapkanlah dulu berkas-berkas gugatan agar bisa diproses oleh pengadilan nantinya.

Ditariknya pihak ketiga atau kurang pihak ini menunjukkan ada pihak lain yang tidak dimasukkan dalam gugatan, sedangkan pihak tersebut memiliki andil dalam melakukan perbuatan melawan hukum atau wanprestasi. Dengan demikian pihak ketiga yang ditarik ini tidak dapat dijangkau oleh hukum. Tidak dapat dijangkaunya akan mengakibatkan hanya tergugat yang dicantumkan saja yang diadili, maka pengadilan mengharuskan untuk melengkapi gugatannya agar syarat formilnya terpenuhi dan bisa diselesaikan dengan adil.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Exeptio plurium litis consortium

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Exeptio plurium litis consortium"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email