Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Lex meminen cogit ad impossibilia

Pengertian

Hukum tidak akan memerintahkan sesuatu yang tidak mungkin

Penjelasan

Cukup jelas bahwa suatu hukum tidak akan memberikan perintah atau membuat aturan atas sesuatu yang tidak mungkin. Ketidakmungkinan tersebut berdasarkan nalar dan perbuatan. Melalui nalar bahwa suatu aturan tidak bisa dilaksanakan oleh masyarakatnya. Masyarakat tentunya akan melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuannya.

Kemampuan ini meliputi kemampuan finansial, kemampuan tenaga dan kemampuan untuk memenuhi sesuatu. Kemampuan finansial contohnya adalah pemerintah tidak mungkin memberlakukan atau membuat kewajiban bahwa masyarakat harus membayar suatu pajak dengan biaya tinggi yang tidak sesuai dengan penghasilannya. Dengan kewajiban tersebut akan sangat menyengsarakan rakyat, rakyat akan semakin terpuruk dan jauh dari kata sejahtera karena disamping memenuhi kebutuhannya juga harus membayar kewajiban pajak yang tinggi. Dalam hal inilah peran negara dalam mengaturnya, negara harus memperhatikan kesejahteraan rakyat dengan menjaga kestabilan perekonomian masyarakat.

Kemampuan tenaga, misalnya seseorang dihukum untuk menyelesaikan pekerjaan social dengan tenaga seadanya untuk wilayah yang luas dengan waktu yang terbatas. Tentu ini tidak mungkin akan dilakukan karena keterbatasan tenaga dari orang tersebut. tenaga seseorang tersebut mempunyai suatu Batasan yang tidak mungkin selalu dalam keadaan prima. Jadi untuk menerapkan hukuman harus sesuai dengan nalar dan sesuai dengan kemampuan orang terebut.

Dalam hal memenuhi sesuatu, seseorang tidak bisa serta merta datang untuk memenuhi suatu perjanjian jika jarak yang sangat jauh dan pemberitahuannya juga mendadak. Untuk pemberitahuan kepada yang bersangkutan apalagi jauh maka harus dalam waktu beberapa hari sebelum persiapan, agar orang yang melakukan perjanjian tersebut dapat memenuhi permintaan dari pihak lain.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Lex meminen cogit ad impossibilia

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Lex meminen cogit ad impossibilia"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email