Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Ut sementem feceris, ita meted

Pengertian

Siapa yang menabur, ia yang menuai

Penjelasan

Ini dimaksudkan bahwa setiap orang akan mempertanggungjawabkan apa yang dia perbuat. Perbuatan yang dilakukan jika itu bertentangan dengan norma hukum, maka orang tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai dengan apa yang dilakukannya tersebut.

Seseorang dalam berprilaku harus sesuai dengan peraturan yang ada. Jika melakukan perbuatan baik, maka dia juga akan menuai kebaikan dari orang yang ada disekitarnya. Kebaikan yang diperbuat itu merupakan benih yang ditaburnya dan yang akan dituai tersebut adalah kebaikan juga. Kebaikan yang diperbuat tersebut menjadikan orang sekitar juga berada dalam kebaikan, orang tidak akan berburuk sangka kepadanya. Persangkaan yang baik akan menciptakan hubungan yang damai, karena selalu mengedepankan kebaikan. 

Sama halnya dengan orang yang menaburkan kejahatan. Orang yang berbuat jahat akan memanen resiko yang menyakitkan juga. Apa yang menjadi perbuatannya harus dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawaban bisa pada pengadilan, pada masyarakat dan pada orang yang menjadi korban. Orang tersebut dalam masyarakat akan mendapat sanksi social yang bisa membuat malu orang yang berbuat jahat tersebut.

Kesimpulannya, apapun bentuk perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, maka dia akan mendapatkan imbas dari perbuatannya tersebut. imbas perbuatan tersebut dapat berupa kebaikan dan keburukan. Orang yang menanam benih kebaikan dalam masyarakat akan menuai kebaikan juga, begitupun sebaliknya orang yang berbuat kejahatan maka balasannya persakitan bagi orang tersebut atau hukuman yang setimpal dengan perbuatannya tersebut.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Ut sementem feceris, ita meted

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Ut sementem feceris, ita meted"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email