Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Perusahaan Grup atau Holding Company

Sejak abad 19 perusahaan grup sudah ada di Indonesia. Perusahaan grup pertama di Indonesia bernama Oei Tiong Ham Concern. Perusahaan grup ini juga merupakan perusahaan grup pertama di Asia Tenggara. Perusahaan grup Oei Tiong Ham Concern ini awalnya bergerak dibidang bisnis gula. Perusahaan Grup ini memang dibuat langsung menjadi perusahaan grup, berbeda dengan perusahaan grup lain yang beranjak dari perusahaan tunggal yang kemudian berkembang ke sektor lain guna menambah keuntungannya.

Perusahaan grup pada saat ini merupakan bentuk usaha yang banyak dipilih oleh pengusaha di Indonesia. Perusahaan grup dapat memberikan manfaat ekonomi dibandingkan perusahaan tunggal. Salah satu manfaat ekonomi adalah adanya efiesiensi dalam pengelolaan perusahaan baik itu induk maupun anak perusahaan.

Perusahaan- perusahaan grup di Indonesia mengawali usahanya dari segi perdagangan yang mana pada saat itu masih berstatus perusahaan tunggal. Perusahaan tunggal ini selanjutnya akan mengembangkan perusahaannya menjadi perusahaan grup dalam jenis usaha jasa, keuangan, transportasi dan lain-lain.

Perusahaan grup ditandai dengan adanya sebuah nama perusahaan yang bergerak pada banyak bidang, kita contohkan saja Sinar mas Grup. Sinar Mas seperti yang kita tahu banyak sekali mempunyai bidang usaha, mulai dai perdagangan, perkebunan, keuangan dan lain-lain. Secara sederhananya seperti itu, dengan banyaknya unit usaha dalam satu nama perusahaan dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan grup.

Dengan adanya perkembangan dalam dunia usaha dan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya banyak perusahaan grup yang lahir di Indonesia sehingga perekonomian menjadi meningkat dan berimbas kepada terbukanya lapangan pekerjaan.



Posting Komentar untuk "Perkembangan Perusahaan Grup atau Holding Company"

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat