Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Pidana - Contoh Soal Analisis Kasus

Halo Sahabat Tebe. Berikut admin lampirkan contoh soal analisis kasus dalam kuliah hukum pidana.

Mari langsung saja kita simak.


Soal Satu

Kasus 1

Misalkan A adalah seorang Terdakwa yang sedang menjalani proses persidangan. A melakukan tindakan Pencurian dengan pemberatan dengan Hukuman maksimal 5 tahun penjara. Pada saat pelaksanaan persidangan ternyata aturan baru tentang Hukum Pidana disahkan yang mana pencurian dengan pemberatan Hukuman maksimalnya menjadi 7 tahun.

Kasus 2

Misalkan B adalah seorang Terdakwa yang sedang menjalani proses persidangan. B melakukan tindakan Penipuan dengan Hukuman maksimal 4 tahun penjara. Pada saat pelaksanaan persidangan ternyata aturan baru tentang Hukum Pidana disahkan yang mana Penipuan Hukuman maksimalnya menjadi 2 tahun.

Pertayaan:

  1. Menurut saudara, A dihukum berdasarkan ketentuan yang mana? dan B dihukum berdasarkan ketentuan yang mana?
  2. Apa dasar hukum dari jawaban saudara tersebut? Jelaskan!
  3. Mengapa jawaban saudara demikian? Jelaskan!

Soal 2

Kasus:

Budi adalah seorang remaja berumur 15 tahun yang hidup bersama ibunya yang sedang sakit. Budi harus membelikan ibunya obat karena persediaan obat sudah habis. Budi mengendarai motor Ibunya untuk membeli obat ke Apotik. ternyata di tengah jalan dia dihadang oleh begal. Budi melawan sehingga begal tersebut menyerah, tetapi karena Budi emosi dia terus memukul begal sampai meninggal dunia. Budi diamankan oleh pihak kepolisian karena peristiwa tersebut.

Pertanyaan:

  1. Apa jenis tindak pidana yang dilakukan pada narasi diatas?
  2. Apakah perbuatan Budi tersebut dapat diusahakan untuk mendapat keringanan hukuman? Jelaskan alasan dari jawaban saudara!
  3. Tindak Pidana yang dilakukan Budi tersebut apakah masuk pada tindak pidana umum atau tindak pidana khusus? Jelaskan jawaban saudara!
Itu dia contoh soal analisis kasus untuk Hukum Pidana, semoga bermanfaat untuk kita semua.




Posting Komentar untuk "Hukum Pidana - Contoh Soal Analisis Kasus"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI