Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Penitensier - Contoh Soal Ujian dengan Analisis

Setelah kita memahami beberapa materi berkaitan dengan Hukum Penitensier, yang mana mulai dari Pengertian Hukum Penitensier hingga ke Pelaksanaan Hukuman Pidana, tentunya ada intisari yang dapat kita simpulkan dalam perkuliahan ini. Perkuliahan ini akan membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi berkaitan dengan jenis hukuman apa yang cocok diberikan kepada narapidana. Berikut ada sebuah contoh kasus yang harus dianalisis untuk dipecahkan berdasarkan kajian Hukum Penitensier.


Kasus.

Budi adalah seorang tersangka Pencurian dengan pemberatan. Budi melakukan Pencurian dengan pemberatan yaitu melakukan perusakan rumah pada saat mencuri. Budi ditangkap setelah adalah laporan oleh warga ke Kantor Polisi. Polisi memeriksa Budi dengan beberapa pertanyaan untuk menggali informasi berkaitan dengan tindakannya. Setelah berkas lengkap dan ditetapkan sebagai terdakwa, Proses persidangan dijalani oleh budi. Akhirnya Budi divonis 2 tahun penjara. Budi menjalani Hukuman Penjara di Lembaga Pemasyarakatan Bukittinggi. Pada saat menjalani masa hukuman, ternyata terjadi konflik antara Budi dengan Narapidana lainnya yang mana Budi lah yang memancing konflik tersebut, sehingga Budi diasingkan  dalam suatu ruangan khusus dan tidak mendapatkan program Pemasyarakatan yang telah disusun oleh Petugas Lapas.


Pertanyaan:

  1. Dari kasus diatas, Kapan Hukum Penitensier dapat menjalankan fungsinya?
  2. Apa permasalahan yang timbul dari kasus diatas?
  3. Menurut saudara, Apa Hak yang mesti didapatkan oleh Budi pada saat di Penjara?
  4. Dengan adanya konflik baru yang timbul di Lapas, Apakah Hak Budi sebagai Narapidana bisa dihilangkan karena sudah berstatus Narapidana? Jelaskan!
  5. Menurut saudara, dengan dilakukannya pengasingan dan tidak diberikannya Program Pemasrayarakatan kepada Budi oleh Petugas, Apakah itu sudah tindakan yang benar dari Petugas? Jelaskan argumen dari pendapat saudara!
  6. Dari kasus diatas, apakah petugas sudah menjunjung tinggi prinsip-prinsip Pemasyarakatan? Jelaskan!
  7. Berikan pandangan saudara, bagaimana cara yang tepat untuk melakukan Pemasyarakatan kepada Budi terhadap konflik baru yang telah dilakukan Budi di dalam Penjara!


------ Selamat Ujian, Semoga Sukses ------


Posting Komentar untuk "Hukum Penitensier - Contoh Soal Ujian dengan Analisis"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat