Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunjungan Raja Arab Saudi Ke Indonesia


 Terus Berjuang | Halo Sahabat Tebe! Jumpa lagi bersama admin, kali ini Admin posting sebuah makalah tentang Hukum Diplomatik, Semoga bermanfaat. Berikut makalahnya:

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul aziz al-Saud ke berbagai negara di Asia termasuk Indonesia menarik perhatian banyak kalangan. Di Indonesia sendiri, sambutan kepada rombongan diadakan dengan gegap gempita yang langsung disambut oleh Presiden Republik Indonesia di Bandar Udara Halim Perdana Kusuima pada tanggal 1 Maret 2017 lalu. Kedatangan rombongan Arab Saudi membawa 1500 orang termasuk didalamnya Menteri, Pangeran, dan Pengawal kenegaraan.

Baca Juga:  Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

Kunjungan Raja Salman merupakan tindak lanjut dari pertemuan G20 di Hangzou tahun lalu (2016). Dalam pertemuan tersebut, ada tiga hal yang dibicarakan. Pertama, kerja sama antara Pertamina dengan Saudi Aramco yang kerja sama di ekspansi kilang. Kedua, kerja sama pariwisata, dan ketiga, kerja sama di penyediaan perumahan dengan biaya yang terjangkau. Menurut Menlu Retno Marsudi, pada pertemuan di China itu, Wakil Putra Mahkota Saudi Prince Mohammed bin Salman menyatakan komitmen Saudi untuk melakukan investasi besar-besaran di Indonesia. Dia menyebut akan melakukan mega investment.
Hubungan diplomatik antara Arab Saudi dengan Indonesia sudah terjalin sejak 1 Mei 1950.  Pada tahun 1970 Indoneia dengan Arab Saudi menjalin kerjasama dibidang Politik. Pada tahun 2003 kembali menjalin kerjasama dibidang Ekonomi dan Perdagangan. Selanjutnya pada tahun 2009 Indonesia kembali melakukan kerjasama dengan Arab Saudi dibidang Sosial Budaya.
Berdasarkan riwayat kerjasama yang telah dilakukan dua negara tersebut tentunya secara hukum internasional terdapat beberapa macam keistimewaan negara yang bekaitan dengan perlakuan negara penerima sebagai subyek Hukum Internasional. Keistimewaan tersebut bertujuan untuk melaksanakan amanah hukum internasional agar timbul satu kesamaan perlakuan di dunia.
Fenomena lain yang juga sangat penting kita cermati adalah misi apa yang dibawa oleh Arab Saudi dalam kunjungannya dengan menganalisa akibat hukum yang timbul dari kerjasama yang telah disepakati dalam hal investasi baik bagi Arab Saudi Maupun Indonesia. Pengamatan dan analisa tersebut akan menarik suatu kesimpulan dari sudut pandang hukum internasional.
Berdasarkan latar belakang tersebut penulis berkeinginan untuk menuangkan dalam sebuah makalah yang berjudul Keistimewaan dan Dampak Misi Kunjungan Raja Arab Saudi Ke Indonesia Berkaitan dengan Investasi.

B. Rumusan Masalah
     Penulisan makalah ini mempunyai dua rumusan masalah yang didasarkan pada latar belakang yang telah penulis paparkan. Rumusan masalah tersebut adalah :
  1. Apakah keistimewaan yang didapatkan oleh rombongan kerajaan Arab Saudi yang melakukan kunjungan serta investasi ke Indonesia?
  2. Bagaimanakah dampak misi kunjungan raja arab saudi ke indonesia berkaitan dengan investasi?
C.    Tujuan Penulisan
       Berdasarkan rumusan masalah yang telah penulis buat, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui keistimewaan yang didapatkan oleh rombongan kerajaan Arab Saudi yang melakukan kunjungan serta investasi ke Indonesia.
  2. Mengetahui keistimewaan yang didapatkan oleh rombongan kerajaan Arab Saudi yang melakukan kunjungan serta investasi ke Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Keistimewaan Yang Didapatkan Oleh Rombongan Kerajaan Arab Saudi Yang Melakukan Kunjungan Serta Investasi Ke Indonesia.
     Sebagai negara yang berdaulat, Indonesia mempunyai kewenangan untuk membatasi gerak kepada awak pesawat guna menghindari penyalahgunaan keadaan seperti adanya kemungkinan misi rahasia, mata – mata atau hal lain yang dapat mengancam kedaulatan NKRI. Dalam Annex 17 mengatur tentang keamanan dalam penerbangan serta hal yang harus ditaati bersama. Dalam menaati peraturan internasional ini tentunya ada hak dan kewajiban yang melekat bagi negara yang mempunyai urusan dalam hal penerbangan.
Hal yang harus dipatuhi oleh setiap negara tertuang dalam Chapter 4 bagian 2-7 Annex 17. Aturan yang harus dipatuhi tersebut menimbulkan hak dan kewajiban bagi masing-masing negara sehingga terbentuk hak dan kekebalan dalam urusan penerbangan. Adapun yang diatur adalah sebagai berikut :
a.    Mengatur tentang pengendalian akses di lokasi bandara.
b.    Mengatur tentang ketentuan didalam pesawat.
c.    Mengatur tentang penumpang, kabin dan bagasi.
d.    Mengatur tentang hak untuk menahan bagasi
e.    Mengatur tentang kargo, surat, dan produk lainnya.
f.    Mengatur tentang penumpang khusus.
Dengan adanya aturan tersebut, untuk urusan kunjungan kenegaraan pesawat Arab Saudi mempunyai hak dan kekebalan sebagai negara yang diakui. Dari informasi yang diperoleh dapat ditarik suatu intisari dari hak dan kekebalan bagi awak beserta pesawat yang mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma. Adapun hak dan kekebalan bagi kedua negara secara timbal balik adalah sebagai berikut :

a)    Bagi Indonesia
  1. Indonesia berhak untuk membatasi gerak awak pesawat yang turun dari pesawat tersebut dengan mengawasi dan melarang melakukan perjalanan dari kawasan yang ditentukan.
  2. Indonesia mempunyai hak untuk menahan atau melakukan tindakan terhadap benda yang dicurigai dapat mengancam keamanan NKRI.
  3. Indonesia mempunyai kewenangan untuk mengawasi segala aktivitas awak pesawat.

b)    Bagi Arab Saudi
  1.  Arab Saudi mempunyai kewajiban menaati peraturan undang-undang Indonesia.
  2. Arab Saudi memiliki hak dan kekebalan terhadap barang bawaan tanpa interfensi dari Indonesia.
  3. Arab Saudi mempunyai hak untuk mendapat perlindungan dari perwakilan diplomatiknya di Indonesia.

B. Dampak Misi Kunjungan Raja Arab Saudi Ke Indonesia Berkaitan Dengan Investasi.
    Saudi menjadi aktor utama dalam pertemuan dua negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Saudi akan terlihat lebih mencolok sebagai sorotan ketimbang Indonesia sebagai objek kunjungan. Kunjungan Raja Salman ke beberapa negara Sunni Asia, seperti Malaysia, Brunei, dan Indonesia ditambah beberapa negara besar yakni Cina dan Jepang, dapat dilihat dari tiga aspek; politik, ekonomi, ideology sebagai pintu masuk ke Indonesia. Inti kunjungan ini ada pada dua aspek pertama, yaitu politik dan ekonomi. Namun, pintu masuknya ada pada aspek ideologi. Orang-orang banyak membicarakan Raja Salman sebagai aktor utama, padahal sesungguhnya yang menjadi tokoh tunggal dalam lawatan ini adalah puteranya, Muhammad Ben Salman. Ben Salman yang mengatur kunjungan ke beberapa negara Asia yang dipimpin Raja Salman. Adapun kunjungan lain ke Moscow, langsung dipimpin Ben Salman. Kunjungan ke Irak dipimpin Eljubair, selaku Menteri Luar Negeri Saudi.

1. Acuan analisis.
   Berkaitan dengan analisis yang akan  dipaparkan, penulis mengambil sebuah sumber berita online Nasional yang memberi keterangan tentang dampak kunjungan  Arab Saudi ke Indonesia. Berita tersebut sebagai berikut:
Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul aziz Al Saud ke Indonesia merupakan kunjungan bersejarah setelah Pemerintah Arab Saudi berkunjung kurun 47 tahun lalu. Kunjungan ini juga disebut memiliki beberapa arti penting. "Kunjungan ini kunjungan bersejarah setelah terakhir Sri Baginda Faisal ke Indonesia 46 tahun yang lalu. Kami meyakini kunjungan Sri Baginda Raja Salman akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Saudi Arabia, hubungan yang saling menguntungkan," kata Jokowi menerima kunjungan kehormatan Ketua Majelis Al Syura Kerajaan Arab Saudi Abdullah bin Mohammad bin Ibrahim Al Syaikh di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/2) lalu. Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira mengatakan kunjungan Raja Salman merupakan kunjungan delegasi yang terbesar. Ia menilai kunjungan ini memiliki arti multidimensi yang mencakup 3 hal.
"Dari aspek ekonomi kunjungan ini diikuti oleh delegasi pemerintah 10 menteri dan pangeran-pangeran yang mempunyai otoritas penting dalam kerja sama ekonomi dan investasi. Rencana investasi puluhan miliar USD kiranya akan mempererat hubungan kerja sama ekonomi kedua negara," ujar Andreas melalui pesan singkat, Senin (27/2/2017). Andreas menilai kunjungan Raja Salman dapat menentukan stabilitas di antara kedua negara. Alasannya, Arab Saudi merupakan salah satu negara yang berpengaruh di Timur Tengah. "Dari aspek politik, kunjungan ini mempunyai nilai strategis mengingat Arab Saudi adalah middle power di Timteng, sebagaimana halnya Indonesia di Asia Tenggara. Kerja sama dan peningkatan hubungan bilateral antar-kedua negara akan menjadi faktor yang menentukan stabilitas di kedua kawasan," papar politikus PDIP ini. Andreas juga berharap hubungan bilateral dari aspek agama dan kebudayaan dengan Arab Saudi diperkuat. Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sedangkan Arab Saudi merupakan pusat peradaban muslim di dunia di mana dua kota suci terletak di negara tersebut.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyambut baik kedatangan Raja Salman ke Indonesia. Kunjungan Raja Salman diharapkan memberikan tekanan dunia internasional untuk kemerdekaan Palestina dari Israel. "Kedekatan hubungan Indonesia dan Saudi Arabia seharusnya dapat memperkuat tekanan bagi internasional terhadap kemerdekaan Palestina dari Israel. Kedatangan Raja Saudi juga memperkuat posisi Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar di dunia serta negara Islam terbesar yang melaksanakan sistem demokrasi di negaranya," ujar Meutya kepada wartawan, Senin (27/2). Kehadiran Raja Salman harus dimanfaatkan betul oleh Indonesia. Presiden Jokowi dipandang mampu memaksimalkan kesempatan ini, ibarat sekali mendayung, maka dua pulau terlampaui. "Jokowi bisa memainkan dua peran sekaligus, yakni kepentingan politik pemerintahannya dan tentunya kepentingan nasional Indonesia," kata Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam (PKTTI) Universitas Indonesia (UI) Abdul Muta'ali, saat berbincang dengan detikcom, Senin (27/2). Dari segi politik luar negeri, Indonesia menganut mazhab bebas aktif dan non-blok. Tentu ini perlu tetap dipertahankan. Dari segi politik dalam negeri, ada pula problem politik yang bisa diredakan lewat kehadiran Raja Salman. "Jokowi betul-betul harus memanfaatkan kunjungan Raja Salman sebaik mungkin. Saat ini ada persepsi yang sangat masif bahwa pemerintahan Jokowi sekarang sangat menjaga jarak dengan umat Islam," kata Abdul.

2. Analisis
   Berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa berita nasional diatas, bisa kita mengambil beberapa dampak kunjungan raja salman ke Indonesia. Kunjungan ini berdampak secara langsung terhadap perkembangan ekonomi  Indonesia dari investasi yang ditanamkan oleh Arab Saudi. Arab Saudi merupakan negara penghasil minyak terbesar di dunia, dengan giatnya perekonomian dibidang perminyakan, Arab Saudi menjadi produsen minyak dunia, sehingga berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan minyak dunia.
Kemajuan industri tersebut, memunculkan opini penulis bahwa keuntungan dari segi pertambangan digunakan untuk pembangunan fisik negara Arab Saudi, investasi dibidang pendidikan, serta investasi ke luar negeri agar dana yang tersimpan dapat digunakan dan memberikan pembagian keuntungan dari negara yang di investasikan. Adapun dampak yang ditimbulkan stetlah kedatangan Arab Saudi ke Indonesia adalah sebagai berikut :

a. Punya Modal Usaha
   Indonesia sebagai negeri yang kaya akan sumber daya alam, memiliki potensi pengembangan industri dari berbagai sektor. Pengembangan yang sistematis dan berstandar internasional tentunya membutuhkan dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat. Dukungan tersebut tidak hanya soal perizinan dari warga lingkungan setempat, AMDAL, dan lain sebagainya, tapi juga berkaitan dengan pendanaan. Pendanaan menempati posisi yang sangat penting untuk jalannya sebuah industri. Yaitu sebuah hal yang wajib setelah mengukuhkan master plan dari usaha atau industri yang akan didirikan.
Modal usaha dibidang industri tidak bisa dianggap enteng. Mendirikan sebuah industri membutuhkan biaya yang sangat besar. Pembangunan tersebut meliputi pembangunan jalur transportasi ke lokasi, pembangunan akses listrik, pembangunan gedung, pembangunan jaringan komunikasi, alat operasional industri dan infrastruktur pelengkap yang bisa menunjang sehingga sebuah industri bisa berjalan dengan efektif dan efisien.
Modal tersebut harus bisa menjamin dari awal pembangunan hingga pengoperasian sebuah industri sampai memberikan keuntungan untuk negara. Mengapa tidak, jika modal yang dimiliki negara tidak cukup, maka akan berdampak pada penundaan pengoperasian sebuah industri. Industri tersebut akan terbengkalai dan malah akan menimbulkan kerugian negara sebagai pemilik modal.
Dengan adanya investasi asing, maka kendala tersebut akan teratasi, Indonesia memiliki modal yang cukup untuk membangun ataupun mengembangkan industri yang dapat memberikan keuntungan. Keuntungan yang didapat bisa digunakan untuk kepentingan lain yang di susun dalam APBN. Selain sektor pajak, pendapatan Indonesia juga dari sektor industri.

b. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru.
   Pembangunan industri baru atau pengembangan industri yang sudah ada dapat menyerap tenaga kerja Indonesia. Angka pengangguran yang semakin meningkat mempunyai peluang untuk ditekan. Pemerintah selain mendapatkan keuntungan dari investasi, juga dapat menyerap tenaga kerja lokal. Penyaringan tenaga kerja lokal tidak hanya untuk keperluan pengoperasian dan manajemennya saja, tapi segala proses, dari tahap pembangunan gedung, hingga perusahaan bisa beroperasi,
Lapangan pekerjaan baru juga memunculkan unit usaha baru yang menunjang jalannya perusahaan. Unit usaha baru yang menunjang kegiatan perusahaan adalah seperti penyediaan logistik, baik berupa makanan konsumsi sehari-hari maupun pakaian, dan tak lupa pula jasa kebersihan ataupun jasa pencucian pakaian. Dampak tersebut akan memberikan nilai positif bagi perekonomian, karena dengan adanya satu usaha besar yang didirikan, maka usaha kecil yang berada disekitarnya juga akan ikut tumbuh.

c. Meningkatkan kesejahteraan rakyat,
   Dengan perkembangan perekonomian masyarakat dilingkungan usaha hasil investasi, maka aliran uang dengan usaha kecil yang ada disekeliling industri akan berdampak pada kesejahteraan rakyat. Terjali sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. Kerjasama yang menguntungkan tersebut terjadi apabila ada perbuatan yang saling memudahkan antar elemen yang bekerjasama. Kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa lepas dari bantuan orang lain.
Kesejahteraan yang dicapai dapat tergambar dari meningkatnya penghasilan rata-rata warga sekitar, terpenuhinya kebutuhan sehari-hari seperti sandang, papan dan pangan. Selain masalah ekonomi, pendidikan juga mengalami peningkatan, anak putus sekolah semakin sedikit, tingkat pendidikan yang semakin tinggi hingga perguruan tinggi.
Kesejahteraan itu akhirnya berimbas pada peningkatan sumber daya manusia. Pendidikan tinggi akan menjadikan orang mempunyai kompetensi dalam suatu bidang ilmu sehingga dibutuhkan oleh perusahaam dan atau bisa membuka usaha ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan penghasilan dan menjalankan roda perekonomian. Siklus demikian tidak terlepas dari gairah investasi dari negara maju seperti Arab Saudi, karena kita sebagai negara berkembang masih membutuhkan sokongan dana untuk mengembangkan perindustrian di Indonesia.

d. Membuka akses transportasi untuk daerah yang terisolir
   Investasi atau pembangunan usaha baru tidak hanya didaerah yang sudah padat pemukiman. Investasi lebih tergantung pada dimana suatu sumber daya alam yang punya nilai jual ditemukan. Sekalipun sumber daya alam tersebut ditemukan didaerah terpencil yang tidak cukup akses transportasi. Hal ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk memiliki kemudahan akses transportasi, yang pada awalnya mempunyai kendala. Keberadaan investasi memungkinkan memberi peluang kepada suatu masyarakat sekitar usaha memiliki akses untuk membawa hasil alam, bepergian ke kota dan transportasi untuk menunjang pendidikan anak didaerah yang dijadikan lokasi investasi.
Akses transportasi yang mudah juga akan mendorong kesejahteraan rakyat. Hasil alam yang dulunya susah untuk dijual dan membutuhkan waktu yang lama untuk disalurkan, sekarang dengan adanya akses yang mudah, roda perekonomian akan semakin cepat berputar, penghasilan akan terus bertambah. Disisi lain, dengan adanya kemudahan akses, biaya transportasi akan lebih murah karena cepat dan tidak melewati jalur yang sulit. Pemerataan penduduk lebih baik, karena setiap penduduk yang langsung terkena imbas dari investasi seperti tanahnya terlewati oleh akses jalan akan besar kemungkinan warga tersebut mendirikan bangunan seperti rumah atau usaha mikro. Fenomena tersebut akan berimbas pada pemerataan penduduk diwilayah tersebut dan memberikan peluang untuk mengembang usaha yang lebih kreatif untuk peningkatan perekonomian.

e. Menambah pendapatan negara
   Arus investasi asing memberikan angin segar bagi Indonesia. Indonesia sengan sumber daya alamnya yang melimpah membutuhkan dana untuk pengembangan potensi tersebut. Dengan adanya arus investasi yang kuat dari negara luar akan memberi kemajuan dalam bidang pengelolaan sumber daya alam. Artinya tujuan utama dari menerima investasi asing adalah mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Usaha yang dijalankan oleh pemerintah dari investasi dengan tata kelola yang terstruktur, diharapkan dapat memberi keuntungan untuk menambah oendapatan negara. Pendapatan berupa keuntungan yang juga bagi hasil dengan investor dapat meningkatkan devisa negara. Dengan demikian APBN setiap tahun bisa ditingkatkan untuk kesejahteraan rakyat dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju diberbagai sektor.
Pendapatan negara disektor industri atau investasi hendaknya menjadi primadona baru sebagai penyumbang terbesar APBN. Karena semakin meningkatnya pendapatan negara, maka hutang luar negeri bisa dilunasi. Pelunasan hutang secara bertahap juga memberi efek kepada penururan jumlah bunga hutang yang jika tidak dibayarkan secara teratur maka bunganya akan semakin berkembang dan menambah beban negara dalam melunasi.
Investasi yang ditanamkan oleh Negara Arab Saudi lebih banyak menguntungkan bagi Indonesia. Dari informasi yang diperoleh beberapa media online Nasional, sistem yang diterapkan adalah tanpa bunga, murni bagi hasil secara syariah. Hal tersebut sangat baik sekali karena bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh tidak ditetapkan langsung secara nominal, tapi ditetapkan secara persentase dari penghasilan yang didapatkan dalam suatu kurun waktu.
Risiko dalam sistem syariah juga ditanggung bersama, jika seandainya ada kerugian yang ditimbulkan, maka menjadi tanggung jawab bersama, yang mana pelaksana usaha tidak wajib memberikan bagi hasil, sedangkan bagi pemilik dana tidak mendapatkan bagi keuntungan sudah berupa kerugian baginya, karena iktikad dari suatu investasi adalah keuntungan.
Analisa yang telah dituliskan berkenaan dengan investasi diharapkan dapat menambah devisa negara dari kegiatan usaha yang didirikan dan dijalankan. Penambahan pendapatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian rakyat dan meningkatkan pelayanan kepada rakyat dari segi fasilitas umum, fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan. Sehingga efek investasi dapat dirasakan oleh rakyat dengan pemenuhan fasilitas umum. Dengan demikian tujuan dari investasi dapat dirasakan oleh semua kalangan rakyat Indonesia.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
    Analisis yang telah penulis paparkan, sampailah pada suatu kesimpulan. Penulis menyusunnya dalam 2 kesimpulan, yaitu :
  1. keistimewaan yang didapatkan oleh rombongan kerajaan Arab Saudi yang melakukan kunjungan serta investasi ke Indonesia harus sesuai dengan ketentuan internasional yang telah ditetapkan, yang mana dalam hal ini Arab Saudi dan Indonesia harus tunduk pada Annex 17 tentang keamanan penerbangan dan awak pesawat yang ada didalamnya.
  2. Dampak investasi Arab saudi ke Indonesia dapat berupa Indonesia mempunyai modal usaha, membuka lapangan kerja, membuka akses transportasi, dan menambah pendapatan negara.
B. Saran
   Dengan adanya investasi, diharapkan dapat meningkat perekonomian rakyat, menambah pendapatan negara dan digunakan untuk kepentingan umum. Kepentingan yang dimaksud adalah hasil yang diperoleh jangan menguntungkan suatu golongan, tapi menyentuh keseluruh elemen masyarakat sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.
 Daftar Kepustakaan
Bacaan
Purwanto Harry. Slide Kuliah Diplomatic Law. 2017. Printout
Internet
    https//Detik.com/
    Indonesian Think tank
    Hizbut Tahrir Indonesia
Baca juga:

Posting Komentar untuk "Kunjungan Raja Arab Saudi Ke Indonesia"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email