Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Menu Dashboard Blogger, Belajar Blog

Terus Berjuang | Halo sahabat TeBe, pada kesempatan yang lalu kita sudah belajar cara mudah membuat sebuah blog, sekarang admin ingin berbagi pengalaman lagi tentang fungsi tiap-tiap Menu pada dashboard/dasbor Blog, yuk kita langsung cek :

Baca Juga:  Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

Mengenal Menu Dashboard Blogger, Belajar Blog

  • Logo dan Tulisan Blogger
Letaknya di kiri atas layar sahabat, fungsinya jika di klik akan me refresh kembali halaman dasbor sahabat, jadi jika sahabat TeBe ingin melihat pembaruan dari dasbor sahabat silahkan klik saja bagian logo atau tulisannya 
  • Menu Lihat Blog.
Posisinya terletak tepat dibawah logo dashboard sahabat, fungsinya adalah untuk melihat bentuk tampilan blog sahabat jika dilihat oleh user lain. Jika di klik, browser sobat akan membuat Tab baru dan tampilan blog sahabat akan terlihat sesuai dengan pengaturan yang telah sahabat buat.
  • Entri baru
Posisinya pada sisi kanan menu “logo blog” dan menu “lihat blog”, berfungsi sebagai pemintas bagi sahabat dalam membuat sebuah postingan, jadi jika sahabat ingin membuat postingan baru, langsung saja klik pintasan tersebut.
  • Postingan
Lanjut kita pada menu utama pada dasbor blog, pertama ada menu “postingan”, nah dalam menu postingan ini sahabat akan melihat semua postingan yang sudah sahabat buat. Pada menu ini sahabat bisa melakukan edit postingan, membagikan postingan dan menghapus postingan. Dalam menu postingan ini nantinya akan ada tiga sub menu yaitu Semua postingan, diterbitkan, dan draf. Jadi menu ini memudahkan sahabat untuk mengetahui apakah postingan sahabat sudah dipublikasikan atau belum.
  • Statistik.
Pada bagian bawah menu postingan terletak Menu Statistik, nah disini sahabat dapat melihat berapa banyak pengunjung blog sahabat, menu ini dapat menjadi acuan oleh sahabat agar semakin giat dalam mempromosikan blog sahabat agar semakin banyak pengunjung organik blog sahabat. Terdapat empat sub menu pada menu ini yaitu iktisar, postingan, sumber lalu lintas, dan pemirsa. Pada iktisar akan menampilkan jumlah pengunjung hari ini, kemaren, dan secara keseluruhan. Pada postingan, akan menampilkan jumlah pengunjung per postingan, jadi ada detail pengunjung tiap postingan sahabat. Pada sub menu sumber lalu lintas akan menampilkan mesin melalui pencari apa pengunjung mengakses blog sahabat. Dan pada pemirsa akan menayangkan pengunjung berdasarkan negara dan sistem operasi perangkat pengunjung.
  • Komentar.
Menu ini memberikan informasi kepada sahabat tentang siapa yang mengomentari postingan sahabat, semacam pemberitahuan kepada pengelola blog.
  • Kampanye.
Merupakan menu yang berfungsi untuk mempromosikan blog sahabat, promosi blog ini dapat dilakukan dengan cara membayar kepada suatu platform, nantinya blog sahabat akan diiklankan oleh media tersebut sehingga pengunjung berdatangan melihat blog sahabat. Contoh media iklan seperti AdWords.
  • Laman
Menu laman merupakan informasi yang berkaitan dengan blog sahabat, silahkan sahabat buat laman dengan contoh “tentang”, “kontak”, “privasi”, “Disclaimer” dan lain sebagainya. Laman ini akan muncul ditiap blog sahabat jika ditampilkan pada widget. Bisa disusun deret menyamping dan bisa juga dibuat berurutan kebawah.
  • Tata letak.
Pada menu ini sahabat bisa mengatur tata letak dari widget sahabat, silahkan tambahkan widget sesuai kebutuhan sahabat. Tata letak ini akan tampil pada blog sesuai dengan pengaturan kita.
  • Tema.
Menu ini memberi kebebasan bagi sahabat untuk mengatur tema yang sahabat inginkan, silahkan atur tema sahabat dari daftar tema yang ada, disana ada juga tombol “sesuaikan”, “edit HTML”, dan untuk mengatur tampilan seluler. Saran dari admin, bagi pemula sebaiknya pakai tema yang suda ada saja dulu, sambil menulis postingan pelajari dan perbaiki tema sahabat, baik tema dari blogger sendiri maupun tema diluar blogger.
  • Setelan
Disinilah tempat semua pengaturan blog sahabat, sahabat bisa mengatur blog sahabat mulai dari dasar, postingan, komentar, berbagi, email, bahasa dan lain sebagainya. Silahkan sahabat isikan sesuai kebutuhan blog sahabat. 
  • Daftar bacaan dan Bantuan.
Merupakan menu tambahan bagi sahabat yang ingin mendapatkan informasi langsung dari blogger.
Sekian penjelasan dari admin, semoga bermanfaat ya sahabat, mari terus menulis.

2 komentar untuk "Mengenal Menu Dashboard Blogger, Belajar Blog"

  1. Mas Hamzah, tulisannya singkat padat dan to the point, saya suka membaca karena memudahkan dan dapat menambah wawasan dalam waktu singkat. Lanjutkan!

    BalasHapus
Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email