Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Menu-Menu Postingan Blog


Terus Berjuang | Sahabat TeBe, pada kesempatan ini admin akan coba berbagi pengalaman tentang fungsi dan kegunaan menu-menu postingan blog.

Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Menu-Menu Postingan Blog

Pada awal kita membuat sebuah postingan baru pada blog, kita akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini:


Sahabat bisa melihat pada kotak kuning, nah itulah menu-menu postingan yang akan kita bahas, ada dua kotak yang admin tandai, pertama mari kita ulas dulu kotak kuning yang horizontal, letaknya tepat dibawah judul postingan kita. Yuk kita kunyah.

Baca Juga:  Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

1. Compose.

Compose merupakan format pengetikan biasa, sama seperti kita mengetik pada word ataupun notepad. Format inilah yang dipakai untuk membuat suatu postingan. Yap, format yang muncul di blog sahabat akan sama dengan pengaturan pada entri postingan sahabat jika menggunakan compose.

2. HTML

Menu HTML berguna untuk membuat suatu postingan dengan format javascript, dengan kode yang sahabat masukkan akan memberikan output seperti iklan, gambar, video maupun animasi. Pada menu HTML ini sahabat harus mempunyai ketelitian dalam memasukkan kode atau “embed” kode, supaya outputnya terlihat seperti yang sahabat inginkan. Saran dari admin, jika belum begitu mahir cukup menggunakan format compose saja terlebih dahulu.

3. Undo dan Redo

Yap! Fungsinya sama dengan kita saat mengetik pada laman Microsoft word, yaitu Undo berfungsi untuk membatalkan apa yang sudah kita ketik untuk kembali ke ketikan sebelumnya. Sedangkan Redo berfungsi untuk menjemput kembali apa yang telah kita batalkan sebelumnya.

4. Font

Sahabat sangat dimungkinkan untuk berkreasi lewat tulisan yang disediakan pada menu postingan ini, menu font berguna untuk mengatur jenis gaya huruf yang sesuai dengan selera sahabat, kita bisa juga mengkombinasikan font dalam satu halaman postingan menjadi beragam dan nyaman untuk dibaca.

5. Font size

Setelah kita bebas mengatur gaya tulisan, selanjutnya kita bisa mengatur ukuran huruf postingan. Huruf postingan tersebut bisa dengan ukuran kecil sampai ukuran sangat besar. Ruang ekspresi sahabat sangat luas disini.

6. Heading

Menu heading ini berfungsi untuk memberi tanda dan kata kunci postingan sahabat. Sahabat bisa melekatkan kata kunci pada postingan sahabat agar mudah dikenali dan terindeks pada mesin pencarian google (search engine google)

7. Bolt, Italic, Underline, dan Stiketthough

Nah, menu ini berfungsi untuk memberikan efek pada tulisan sahabat. Bolt akan mempertebal tulisan sahabat, Italic memiringkan font, underline untuk memberi garis bawah pada font dan Stiketthough berguna untuk mencoret hurufTe. Fungsi ini sama halnya pada fungsi Microsoft Office.

8. Text background color

Bilah menu ini berguna untuk mengatur atau untuk format warna tulisan postingan sahabat.

9. Add or remove link

Menu add or remove link ini berguna untuk menyematkan tautan didalam suatu kalimat, sahabat bisa menggunakan ini agar postingan terlihat rapi. Kalimat yang memakai link dalam / backlink akan berwarna biru (sesuai settinggan blog masing-masing), sahabat bisa mengklik tulisan tersebut sehingga akan diarahkan ke link yang telah sahabat tanam didalam kalimat tersebut.

10. Insert image, video, emoticon

Menu ini berguna untuk menambahkan gambar, video dan emoticon pada postingan sahabat.

11. Insert jump break

Menu ini berngsi untuk memotong postingan sahabat, sehingga pada menu home dalam blog sahabat akan terlihat sebagian postingan saja dan biasanya ada link “read more”

12. Alignment

Menu ini berfungsi untuk mengatur rata kiri, rata kanan, atau tengah-tengah pada format tulisan blog (left, centre, right)

13. Numbered list

Berfungsi untuk memberi nomor urut pada postingan sahabat yang membutuhkan langkah-langkah yang sistematis.

14. Bullet list

Sama juga seperti numbered list, tapi efek yang timbul bukan angka melainkan hanya tanda bulat saja.

15. Quote atau boxnote

Bilah menu ini berguna untuk membuat kutipan, efek yang timbul dari menu ini adalah berbedanya tulisan atau posisi postingan sahabat dan terletak diantara dua tanda kutip.

16.  Remove formatting

Berfungsi untuk menghapus format tulisan sahabat, sahabat bisa menandai apa saja yang sahabat ingin hapus, dengan memakai menu ini sahabat lebih mudah untuk mengedit postingan sahabat.

17. Check spelling

Menu check spelling berguna untuk mengoreksi kata-kata dalam postingan yang salah dalam pengejaan.
Nah, itu dia fungsi atau kegunaan dari menu horizontal, sekarang mari kita ulas menu vertical yang terletak pada sisi kanan entri postingan,

1. Label

Menu ini berguna untuk memberikan label atau tanda pada postingan sahabat. Menu ini akan secara otomatis mengklasifikasikan postingan sahabat. Ini sangat memudahkan sahabat, misal sahabat membuat beberapa postingan mengenai blog, sahabat bisa memberi label blogging, jika sahabat klik label yang telah dibuat, maka akan muncul semua postingan yang berkaitan dengan blog.

2. Waktu publikasi.

Ini berfungsi untuk memberikan informasi detail dari waktu postingan sahabat, jadi tak perlu galau jika tak ingat lagi kapan diposting.

3. Tautan permanen.

Menu ini berguna untuk memberi informasi tentang alamat url postingan sahabat. Sahabat bisa mengubah atau menambahkan alamat url sesuai dengan judul postingan sahabat. Mengubah alamat url hanya dapat dilakukan sekali saja sebelum diposting, jika sudah diposting dan diedit kembali, maka tautan permanen tidak bisa lagi diedit.

4. Lokasi.

Berguna untuk menandai lokasi postingan sahabat.

5. Pilihan

Berguna untuk memberikan pilihan atau pengaturan tentang privasi komentar pada postingan yang sahabat buat.
Siipp sahabat TeBe, semoga postingan ini bermanfaat, mari menulis dan berkarya, selamat mencoba ya sahabat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Menu-Menu Postingan Blog"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email