Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ampuh meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung blog

Terus Berjuang | Sahabat TeBe, berlimpahnya  pengunjung blog merupakan tujuan utama dari seorang blogger dalam membuat sebuah blog, dibalik tujuan tersebut tentunya agar tulisan kita dibaca oleh pengunjung, memberikan manfaat kepada visitor dan mungkin juga dijadikan referensi (rujukan) oleh orang lain.

Baca Juga:  Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

Banyak para blogger yang dibuat cemas dengan hal ini, bahwa mereka merasa sudah membuat postingan blog dengan baik mulai dari konten yang bermutu, template yang responsive dan kampanye yang maksimal tapi masih juga belum mendapatkan visitor yang banyak. Para master blogger banyak berpendapat bahwa, mengelola sebuah blog itu tidak bisa serta merta langsung mendapatkan pengunjung yang banyak tapi butuh proses, sama halnya dengan menanam buah, kita harus memulainya dari bibit, bibit itu kita tanam, dipupuk, menunggu waktu hingga bisa tumbuh dan berbuah dan akan menghasilkan.

Menjadi seorang blogger juga seperti itu, kita harus memulainya benar-benar dari Nol, dari membuat sebuah blog yang masih polos hingga kita mengisi dengan konten yang bermanfaat, banyaknya konten atau jumlah postingan juga belum cukup, kita juga harus memikirkan bagaimana cara mendatangkan pembaca agar tulisan kita mempunyai nilai manfaat, dengan demikian kita dapat memberikan informasi kepada orang lain melalui konten kita dan memenuhi unsur kemanfaatan dari tujuan kita tadi.

Jika blog sahabat masih terbilang baru, baru berumur satu atau dua bulan, maka kesampingkan dulu harapan sahabat akan langsung mendapatkan visitor yang berlimpah dan stabil. Sebelum pengunjung blog sahabat bisa stabil silahkan focus dulu pada memperbanyak konten dan memperbaiki template blog sahabat, setelah blog sahabat sudah terindex google barulah pengunjung akan berdatangan melihat konten sahabat. Intinya adalah kesabaran dalam membangun sebuah blog.
Nah, bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung? Versi admin begini, mari sedot jika bermanfaat.

1. Penelitian kata kunci Keyword

Sahabat bisa memulai sebuah blog dengan membuat sebuah postingan berdasarkan riset kata kunci, silahkan sahabat melakukan riset kata kunci terhadap kata-kata yang banyak dicari oleh pengunjung dalam mesin pencarian. Dengan melakukan riset kata kunci ini, sahabat memiliki peluang untuk mendapatkan pengunjung, karena kata kunci tersebut banyak dicari oleh netizen. Untuk melakukan riset kata kunci sahabat bisa menggunakan program google yaitu Google Keyword Planner, silahkan sahabat pelajari cara menggunakannya.

2. Buat konten yang bermutu.

Untuk mengundang para pengunjung, setelah melakukan riset kata kunci, sahabat bisa memulai dengan membuat konten yang bermanfaat. Konten tersebut sebaik mungkin menggunakan Bahasa yang mudah dipahami sehingga enak untuk dibaca, sekain itu sahabat juga sebaiknya mencari rujukan dari blog lain atau sumber lain yang dapat memberikan keyakinan bahwa konten sahabat itu benar-benar mempunyai nilai dan manfaat. Didalam konten tersebut sahabat juga harus memperhatikan sistematika atau format penulisan, untuk penulisan judul dan sub judul usahakan dengan memakai heading atau sub heading atau ditebalkan, hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca untuk mengidentifikasi kerangka dari tulisan sahabat, dan memberikan kesan nyaman bagi mata pembaca dalam membaca artikel sahabat.

3. Komunikatif dan memberikan pelayanan yang ramah

Komunikatif disini maksudnya adalah jika ada pengunjung yang meninggalkan jejak berupa mengajukan pertanyaan, maka jawablah pertanyaan tersebut dengan baik dan benar, selanjutnya dalam menggunakan Bahasa dalam balasan, silahkan sesuaikan dengan corak penanya dan utamakan keramahan dalam menjawab. Dengan adanya pelayanan yang ramah ini, blog sahabat mempunyai kemungkinan untuk dikunjungi lagi, malah akan berlangganan.

4. Search Engine Optomization (SEO)

Konten blog yang bagus, kata kunci yang popular, hingga keramahtamahan admin blogger tampaknya belum cukup untuk mendatangkan banyak visitor. Sahabat harus juga harus melakukan indexing blog sahabat ke mesin-mesin pencarian di internet. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah agar konten kita dikenali oleh mesin pencari dan bisa menempati urutan teratas pada search engine tersebut.
Sahabat bisa menggunakan Google webmaster, melakukan klaim pada situs Alexa sehingga mempunyai rangking disana. Sahabat juga bisa menggunakan platform lain yang sahabat anggap bagus seperti Attracta. Yang perlu diperhatikan adalah sahabat harus berhati-hati dalam memilih platform SEO, karena ada juga SEO yang dianggap dark sehingga jika digunakan akan mendapat sanksi dari dari google, niatnya mau menaikkan rating eh malah tenggelam blog kita pada mesin pencarian. Mari kita sama-sama berhati-hati.

5. Menulis preview blog kita dan Posting di blog orang lain.

Menurut para webmaster blogger, bahwa cara ini juga cukup ampuh untuk meningkatkan visitor. Catatannya adalah kita menulis preview blog kita diletakkan pada blog yang mempunyai rangking atas. Kenapa demikian? Karena dengan meletakkan preview pada blog orang lain, otomatis blogger yang sudah mempunyai nama tersebut mempromosikan url blog kita, sehingga blog kita akan mempunyai peluang untuk dikunjungi melalui blog master blog tersebut, tapi jangan lupa ya sahabat menanamkan backlink didalam postingan tersebut.

Demikianlah tips dari admin, semoga sahabat selalu semangat dalam menulis, dalam mengelola blog, dan dalam promosi blog sahabat sehingga blog sahabat bisa dikenal dan menjadi sumber informasi bagi para pengunjungnya. Aamiin.

Cara ampuh meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung blog

Posting Komentar untuk "Cara ampuh meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung blog"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email