Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

Terus Berjuang | Sahabat TeBe, memperoleh penghasilan pada zaman sekarang tidak hanya kita dapatkan dari kerja kantoran, wiraswasta, bertani atau kerja konvensional lainnya saja. Kita bisa mendapatkan peluang penghasilan dari internet dengan membuat sebuah blog atau mempunyai channel YouTube. Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Internet ini tentunya memiliki persyaratan dan kualifikasi yang harus kita penuhi. 
Salah satu platform yang dapat menghasilkan uang adalah Google Adsense. Google Adsense merupakan sebuah media partner yang memungkinkan kita sebagai seorang Blogger atau Youtuber mendapatkan penghasilan dari monetasi iklan Google yang dipasang pada Blog atau Channel Youtube kita. Sederhananya pihak google meletakkan iklan didalam blog atau Channel kita, jika di klik oleh visitor maka kita akan mendapatkan bagi hasil dari biaya iklan yang dipasang oleh suatu perusahaan.

Bagaimana sebuah blog atau Channel Youtube bisa diterima Google Adsense?

1. Mulai dengan membuat akun Blog atau Channel YouTube tentunya

Sebelum memulai mendapatkan penghasilan kita harus membuat sebuah blog atau Channel YouTube, silahkan sahabat cari tutorialnya di Internet atau langsung masuk ke akun Blogger.com atau Youtube.com untuk memulai membuat sebuah akun. Caranya sangat mudah, silahkan sahabat ikuti saja petunjuk atau langkah-langkah yang diberikan dalam membuat akun tersebut, tanpa tutorial pun sahabat akan paham dengan sendirinya.

2. Menetukan tema Blog atau tema YouTube

Ini adalah hal yang sangat penting, karena penentuan tema akun sahabat akan menentukan arah konten sahabat, sahabat bisa focus dengan tema yang sudah sahabat tentukan melalui konten yang akan dibuat, tema blog yang spesifik ini sangat bagus menentukan niche dari blog sahabat. Jika konsisten dengan satu tema maka mesin pencari google akan mudah mengidentifikasi dan cepat mendapatkan peringkat di mesin pencarian.

Contoh dari tema Blog atau Youtube seperti memberi nama blog sahabat dengan “Viral Otomotif” jika sahabat memberi nama blog atau channel sahabat dengan nama tersebut, maka sahabat nantinya akan menulis konten atau membuat video berhubungan dengan dunia otomotif yang sedang viral pada saat ini. Contoh lain seperti “Sehat Bugar”, maka sahabat akan memfokuskan tulisan atau video sahabat berkaitan dengan kesehatan, gaya hidup, kebugaran dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kesehatan.

3. Konten yang unik dan menarik

Setelah sahabat membuat akun dan menentukan tema Blog, maka mulailah dengan membuat konten, membuat konten ini dimulai dengan judul, usahakan judul sahabat semenarik mungkin, lakukan riset kata kunci sebelum membuat sebuah konten, ini bertujuan untuk melihat pemetaan kata kunci yang sedang popular dan banyak dicari oleh visitor di dunia internet.

Setelah itu buat konten yang bermutu dan mempunyai nilai manfaat bagi orang banyak, dengan Bahasa yang mudah dipahami, sistematika penulisan yang jelas dan nyaman dipandang mata seperti penempatan sub judul ditebalkan, langkah demi langkah yang diberi angka dan ditebalkan. Sahabat juga sebaiknya menambahkan gambar disetiap konten sahabat agar terlihat menarik dan mudah terindeks Google.

Sahabat juga jangan lupa membuat label konten sahabat, mengedit tautan permanen dan mendeskripsikan secara menarik konten sahabat (meta deskripsi). Silahkan sahabat perbanyak konten sahabat dan rutin melakukan postingan setiap harinya. Untuk mendaftar google adsense menurut admin minimal 25 postingan.

4. Untuk Blog, gunakan Template yang responsive

Template blog juga sangat berpengaruh dan menjadi salah satu penilaian google agar diterima pada program adsense. Template yang responsive ini adalah template yang mendukung semua ukuran layar gadged sahabat. Misalnya tampilan blog sahabat pada mode PC akan sama dengan tampilan pada Mode gadged atau smartphone, dengan demikian template sahabat bisa menyesuaikan ukuran tampilannya dengan semua ukuran perangkat pengunjung blog sahabat.
Banyak sekali web yang menyediakan  template blog responsive baik gratis maupun berbayar. Silahkan sahabat berselancar di internet dengan kata kunci “Template Blog Responsif Gratis” dan bisa memilih yang sesuai dengan selera.

5. Lulus verifikasi Google Webmaster.

Ini merupakan tahap yang harus sahabat ikuti menurut admin, karena apa? Setiap konten sahabat jika ingin muncul di mesin pencarian Google, maka konten sahabat tersebut harus terindeks dulu oleh google. Nah cara cepat agar terindeks google tersebut dengan membuat akun webmaster Google, caranya sangat mudah, silahkan sahabat ketik Google webmaster pada pencarian google, lalu klik Google Serach Console, setelah itu sahabat akan langsung dibawa ke laman webmaster google, jika sudah Log in maka akan langsung muncul akun sahabat, kalau belum silahkan Log In dulu. Sahabat langsung bisa aksi dengan mengambil Peta Situs (Sitemap) centang bagian yang akan disubmit, lalu reload atau resubmit.

6. Jumlah pengunjung atau visitor yang stabil

Untuk mendaftar google adesense, sahabat harus memiliki visitor yang stabil setiap harinya, cara meningkatkan visitor ini juga berbagai macam, mulai dari iklan berbayar, share pada Media Sosial dan lain-lain, silahkan sahabat maksimalkan kampanye sahabat terhadap akun blog atau Youtube yang telah sahabat buat.

Khusus untuk Youtube, Channel sahabat baru akan diverifikasi Google setelah sahabat memiliki Visitor video sebanyak 10.000 penonton, ini yang membedakan dengan visitor blog, pada blog tidak ada parameter khusus yang disayaratkan oleh Google agar diterima program adsense.
Enam hal dasar tersebut menurut admin merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum mendaftar Google Adsense. Setelah melakukan enam hal diatas sahabat bisa langsung mendaftarkan akun sahabat ke google adsense dengan alamat URL berikut: https://www.google.com/adsense/

Selamat mencoba ya sahabat, semoga sahabat diterima dalam program Google Adsense, jika belum beruntung silahkan coba dengan memperbaiki kesalahan dari hasil review google adsense (dijelaskan dalam email penolakan nantinya) dan daftarkan lagi. Silahkan daftarkan terus jika masih ditolak, karena program adsense tidak membatasi suatu akun atau email mengajukan pendaftaran walau berapa kali ditolak (saya ditolak Google Adsense dulu sekitar 10 kali). Akhir kata tetap semangat dan mari berkarya.
Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense

1 komentar untuk "Menghasilkan uang melalui internet dengan Google Adsense"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email