Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Peralatan Penting untuk Membuat Video YouTube

Menjadi seorang Youtuber pada era sekarang ini sangat menjanjikan, jika kita mempunyai banyak pengikut atau Subscriber sudah dapat dipastikan kita bisa menjadikan sebagai lahan penghasilan baik itu dari proyek iklan pihak ketiga, lomba, maupun dari monetize iklan di channel. Kita harus mempunyai kemampuan dalam membuat video, video yang dibuat harus menarik supaya mendatangkan banyak penonton. Selain skill dan kemampuan kita juga harus memikirkan hal yang penting lainnya dalam memproduksi sebuah video, yaitu peralatannya. Nah pada kesempatan ini admin ingin membahas empat belas peralatan yang penting untuk membuat video Youtube supaya konten kita sebagai Youtuber makin hits dan disukai para penonton. berikut ulasannya:

1. Kamera

Kamera merupakan hal penting pertama yang harus dimiliki oleh seorang Youtuber. Sahabat bisa memilih kamera yang cocok untuk kebutuhan dalam membuat video. Jika sahabat serius dan ingin fokus dalam melahirkan konten yang bermutu, sebaiknya sahabat membeli kamera DSLR yang sudah mendukung banyak fitur dan menghasilkan video dengan resolusi tinggi. Sahabat bisa membeli kamera DSLR sesuai dengan kebutuhan sahabat. Selain itu sahabat juga admin rekomendasikan untuk mencoba kamera mirrorless. Kamera dengan teknologi terbaru ini bisa sahabat bawa dengan nyaman karena lebih ringan dari kamera DSLR dengan kemampuan yang tak kalah dari kamera professional.

Jika sahabat ingin belajar dulu, atau coba-coba, sahabat bisa menggunakan kamera smartphone sahabat. Sekarang sangat banyak hp yang mempunyai kamera canggih. Monggo belajar dulu dengan menggunakan hp sahabat, jika nanti sahabat makin suka dan berniat untuk meningkatkan kualitas, baru sahabat bisa pertimbangkan untuk membeli kamera professional.

2. Microphone

Untuk mendukung kualitas video sahabat, suara yang dihasilkan haruslah jernih, jelas dan enak didengar. Maka dari itu sahabat harus atau penting untuk memiliki microphone sendiri. Karena kita sebagai seorang publisher harus memberikan kenyamanan suara dalam konten kita agar informasi yang diberikan jelas dan tepat sasaran.
Banyak pilihan microphone dipasaran pada saat ini, sahabat bisa menentukan pilihan sahabat tentunya sesuai dengan budget sahabat atau ukuran kantong atau kemampuan sahabat. Mulai dari microphone kabel, microphone super sensitive, sampai microphone wireless. Yang penting dalam memilih microphone adalah kejernihan suara yang dihasilkan dan tidak perlu mahal.

3. Penyimpanan atau memory card

Menyimpan video dibutuhkan bidang penyimpanan atau memori card. Sahabat harus memperhatikan ini. Pertimbangan ini adalah ketika sahabat akan merekam video. Supaya lega dalam hal penyimpanan dan dapat menyimpat video yang durasinya relative Panjang, admin sarankan sahabat memiliki memori card dengan kapasitas besar. Jika sahabat hanya memiliki memori card dengan kapasitas kecil maka dapat dipastikan sahabat akan repot sendiri dalam hal memindahkan data yang terlampau sering dan akan bermasalah dalam merekam video yang Panjang. Jadi saran admin, untuk jaga-jaga langsung saja beli memory card dengan kapasitas besar, biarnya nyaman dalam mebuat konten.

4. Monopod

Alat ini harus sahabat siapkan jika sahabat membuat konten video outdoor. Bayangkan bagaimana susahnya sahabat mengoperasikan kamera sahabat jika tidak memiliki monopod ini, terlebih lagi sahabat hanya sendiri bukan dalam sebuah tim. Fungsinya sama seperti tongsis, berguna untuk memperluas jangkauan rekaman video sahabat.

5. Tripod

Tripod berguna untuk menjaga posisi kamera pada keadaan diam dan tenang sehingga video yang dihasilkan dapat stabil. Tripod bisa digunakan untuk luar ruangan dan dalam ruangan, selain itu juga berguna untuk memasang lighting agar berdiri sempurna dan tidak gerak-gerak.

6. Stabilizer kamera

Dalam hal memakai tongsis atau merekam video saat berjalan, ini harus dan kudu dipakai oleh seorang vlogger atau youtuber. Ini berguna untuk menjaga posisi kamera agar tetap tenang walaupun kita berjalan sehingga video yang dihasilkan tidak goyang dan dapat memberi rasa nyaman bagi penonton yang melihatnya.

7. Lighting

Dalam hal pencahayaan, sebuah video akan semakin bagus kualitasnya jika didukung dengan pencahayaan yang terang tapi lembut, tidak gelap sebagian atau terang sebagian. Nah, disinilah gunanya lighting, jika sahabat menggunakan lighting misalnya lighting dengan empat sudut, maka dapat dipastikan video sahabat akan sama hasilnya dengan video yang dibuat oleh seorang professional, tapi jika pencahayaan kurang atau tidak ada sama sekali maka dapat dipastikan konten sahabat akan terlihat amatir.
Untuk pemula yang ingin belajar dan belum punya lighting, sebaiknya dalam membuat video, sahabat harus jeli dalam memperkirakan ISO kamera sahabat agar bisa meminimalisir kesalahan dalam menghasilkan video.

8. Studio

Untuk kegiatan indoor, sebaiknya sahabat memiliki sebuah studio. Tidak studio yang bagus juga sih, yang penting kedap suara. Sahabat bisa mengatur kamar atau sebuah ruangan yang dikhususkan untuk membuat video, agar bisa kedap suara. Kenapa harus kedap suara? Agar suara bising dari luar tidak ikut terekam sehingga video sahabat mengasilkan suara yang jernih tanpa ada gangguan suara dari luar.

9. Komputer atau Laptop

Setelah merekam video, sahabat harus mengolahnya agar alur dari video sahabat menjadi rapi dan dengan settingan yang seimbang. Sahabat harus memiliki sebuah PC atau laptop untuk proses editing atau penyimpanan. Perlu diperhatikan, PC atau Laptop harus sesuai dengan spesifikasi video yang sahabat buat, jika video dengan resolusi tinggi, sahabat juga harus memiliki computer dengan spesifikasi tinggi. Hal ini bertujuan untuk menghindari hang atau ngelag pada computer sahabat dan juga untuk kenyamanan dalam mengedit. Jika tidak sesuai maka video sahabat gak akan jadi-jadi, percaya deh. heehe 

10. Software edit video

Setelah itu sahabat juga harus mempunyai software di dalam komputer sahabat. Pilihlah software yang cocok dengan kualitas video sahabat agar hasil edit video sesuai dengan yang diharapkan. Karena ada kejadian, sahabat membuat video dengan resolusi tinggi, tapi menggunakan software biasa, dan alhasil output videonya tidak sebagus yang diharapkan, malah kualitas videonya makin jelek setelah diedit.

11. Software edit foto

Jika sahabat memasukkan referensi beberapa foto, sahabat juga harus memiliki aplikasi edit foto, ini bertujuan untuk menyesuaikan foto dengan video, baik dari segi pencahayaan maupun dari segi ukuran pada layar. Maka dari itu sahabat harus memiliki aplikasi edit foto.

12. Backsound

Untuk mendukung video sahabat agar kelihatan dan kedengaran makin asyik sahabat bisa menambahkan backsound dalam video sahabat. Ingat! Backsoundnya harus original ya sahabat, jangan menggunakan backsound dengan hak cipta. Bisa-bisa malah video sahabat yang akan dicekal nantinya.

13. Jaringan Internet

Untuk upload video yang telah dibuat, maka sahabat harus didukung dengan jaringan internet yang cepat. Kebayangkan jika jaringannya kayak siput sedangkan file yang harus diupload besarnya lumayan, bisa tua dijalan tuh jadinya. Jadi pastikan jaringan yang sahabat gunakan kencang dan stabil agar video karya sahabat bisa cepat dinikmati oleh penonton.

14. Punya akun atau Channel Youtube

Nah ini yang terkahir yang paling penting, “PUNYA AKUN YOUTUBE”. Hehehe… jangan membayangkan akan sukses jika akunnya aja gak punya.
Demikianlah ulasan dari admin, semoga bermanfaat, dan selamat berkarya ya sahabat. Semoga dapat menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak. Salam hangat dari tim Terus Berjuang.
14 Peralatan Penting untuk Membuat Video YouTube

Posting Komentar untuk "14 Peralatan Penting untuk Membuat Video YouTube"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email