Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kacamata Anti Radiasi bagi Pengguna Komputer Akut

Sahabat Terus Berjuang, apakah sahabat menggunakan computer, laptop, smartphone dalam kurun waktu lama dalam sehari? Seberapa sering kah? 4 jam? 10 jam atau lebih? Selain didepan layar computer atau handphone terlalu lama, juga saat menonton televisi, sahabat pecinta drama korea yang harus nonton berjam-jam dalam sehari? Agaknya sahabat harus memperhatikan kesehatan mata sahabat dengan kegiatan sahabat tersebut. Pada kesempatan ini admin akan mencoba mengulas tentang pentingnya kacamata anti radiasi pagi pengguna komputer atau yang berhubungan dengan cahaya LED, LCD, maupun cahaya tajam lainnya yang dapat menimbulkan radiasi.

Seperti yang kita tahu radiasi cahaya pada gadget atau perangkat elektronik dapat mengakibatkan kerusakan pada mata, kerusakan ini terjadi karena radiasi cahaya yang dipancarkan akan langsung mengenai mata dan diserap oleh mata. Mata memang bisa menyesuaikan kondisinya tapi hanya dalam pemakaian atau kegiatan normal. Jika kegiatan dengan perangkat elektronik sudah melebihi batas kemampuan mata untuk menyeimbangkan fungsinya, maka akan terjadi gangguan pada mata walau awalnya tak terasa, tapi perlahan akan terjadi. Disinilah kacamata anti radiasi sangat bermanfaat sekali untuk melindungi mata agar kegiatan didepan layar menjadi lebih nyaman dan meminimalisir atau mencegah kerusakan pada mata.

Kacamata anti radiasi sendiri ini tidak dikhususkan pada penderita gangguan mata saja seperti gangguan mata minus, gangguan mata plus, atau gangguan mata Slyndris. Ini juga berlaku pada mata normal. Bagi matanya yang masih normal akan mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada mata sehingga mata selalu sehat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Berikut gangguan yang akan timbul jika sahabat pengguna computer dalam rentang waktu lama bagi yang tidak menggunakan kacamata anti radiasi LED, LCD, BlueRay sehingga menjadikan kacamata anti radiasi sangat penting:

1. Mata menjadi kering

Pada kondisi mata tanpa kacamata anti radiasi, dengan seringnya atau terlalu lama didepan layar computer, cairan mata akan cepat habis terserap oleh sinar radiasi sehingga mengakibatkan mata kering. Hal ini dapat dicegah dengan sering mengedipkan mata atau obat tetes, tapi dalam rentang waktu yang lama ini tidak akan bisa mengatasi masalah. Sekali lagi mata mempunyai ambang batas untuk bisa mencegah hal tersebut, sehingga lambat laun mata akan tetap menjadi kering. Begitupun bagi sahabat yang sudah berkacamata, walau sahabat sudah menggunakan kacamata minus atau plus jika kacamata sahabat tdak dilengkapi dengan anti radiasi maka mata sahabat tetap tidak akan terlindungi. Karena fungsi kacamata sahabat tersebut adalah untuk membantu pandangan menjadi normal bukan untuk menangkis sinar radiasi. Jadi jika sahabat menderita rabun jauh atau rabun dekat atau gangguan lainnya yang banyak kontak atau bekerja didepan layar computer sebaiknya kacamata sahabat sudah ada anti radiasinya. Untuk penggunaan obat tetes mata secara rutin juga kurang dianjurkan karena bisa saja senyawa dalam obat tersebut tidak cocok dengan mata kita.

2. Mata menjadi sembab dan menghitam di sekeliling mata

Setelah mengalami mata kering, biasanya akan berbarengan atau bersamaan dengan sembabnya mata, karena fungsi mata tidak mampu mengembalikan pada keadaan semula. Terlalu lama di depan computer apalagi melihat layar bergerak seperti video atau animasi, kemungkinan gangguan tersebut akan semakin cepat terjadi.

3. Kepala menjadi pusing atau migrain.

Selanjutnya sahabat akan merasa pusing, pada saraf bagian belakang kepala akan terasa sangat berat dan mengakibat kepala menjadi pusing. Energi sahabat pada awal-awal memang akan terlihat kuat untuk mengimbangi rasa pusing tersebut, tapi beban akan terus bertambah semakin besar sehingga tidak disangka-sangka kondisi mata akan menurun dan mengalami gangguan. 

4. Mengakibatkan kebutaan

Kita sama-sama membaca kabar bahwa ada orang yang buta akibat main game online dalam waktu yang lama tanpa memakai alat penangkal radiasi. Orang tersebut bermain terus tanpa henti sehingga mengakibatkan kebutaan.
Hal ini mungkin bisa terjadi pada kita jika sahabat bermain computer tanpa mempertimbangkan atau memperhatikan kesehatan mata sahabat. Waktu yang sangat lama didepan computer menjadikan kornea mata kehilangan fungsi sedikit demi sedikit. Dimulai dari gangguan minus atau plus, jika tidak ditanggulangi akan menjadi kronis hingga rabun atau buta seperti kasus yang belum lama ini terjadi.

Jadi, admin berkesimpulan bahwa memakai kacamata anti radiasi sangat dianjurkan bagi pengguna computer dalam waktu lama, atau sahabat yang bekerja dengan computer baik itu internet marketer, Blogger, Youtuber, Gamer, maupun pecinta film atau drama episode yang Panjang. Lebih baik mencegah daripada mengobati, adagium tersebut sangat koheren dalam kehidupan kita untuk kesehatan yang terlindungi. Satu lagi bagi mata yang masih normal ini dapat dikatakan sebagai investasi agar mata tetap sehat. Semoga bermanfaat.
Pentingnya Kacamata Anti Radiasi bagi Pengguna Komputer Akut

Posting Komentar untuk "Pentingnya Kacamata Anti Radiasi bagi Pengguna Komputer Akut"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email