Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Actor sequitur forum rei

Pengertian

Gugatan diajukan di tempat tinggal tergugat

Penjelasan

Dalam hal gugatan, jika sesorang melakukan perbuatan melawan hukum dalam hukum perdata, maka tuntutan diajukan ditempat tinggal tergugat. Artinya tempat tinggal tergugat adalah dimana tergugat tersebut berdomisili. Ini merupakan kewenangan realatif. Kewenangan relative adalah kewenangan yang dimiliki oleh suatu peradilan berdasarkan wilayahnya. Wilayah kewenangan suatu pengadilan ditentukan berdasarkan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Artinya jika seseorang melakukan perbuatan melawan hukum dia tinggal disuatu Kota, maka gugatan dapat diajukan di Kota yang dia tempati.

Adanya asas ini memberikan pembagian tugas bagi pengadilan, misalkan pengadilan negeri, seseorang melakukan gugatan, pengadilan dapat menerima dan memproses gugatan tersebut jika memang tergugat tinggal didaerah jangkauan hukum suatu pengadilan. Pengadilan pasti akan menolak suatu guagatan jika tergugatnya tidak berdomisili didaerah pengadilan tersebut.

Tergugat yang relah digugat ditempat tinggalnya tersebut wajib memenuhi panggilan dari pengadilan, selanjutnya pada persidangan pertama hakim akan menyuruh para pihak untuk melakukan mediasi, jika tidak terjadi kesepakatan atau perdamaian maka mediasi tersebut gagal dan dilanjutkan dengan persidangan yang didalamnya para pihak harus saling beradu bukti maupun keterangan terhadap apa yang disengketakan. Setelah itu barulah hakim dapat memberikan putusannya.

Domisili tergugat dapat ditentukan berdasarkan Kartu Tanda Penduduk yang dimilikinya. Dasar inilah yang dijadikan sebagai acuan untuk pengadilan mana suatu gugatan itu akan diajukan. Jika sudah sesuai maka dapat dilakukan proses terhadapnya.

Selain kompetensi relative, ada yang dinamakan dengan komptensi absolut yaitu berkaitan dengan jenis perkaranya, sebagai contoh perkara yang berkaitan dengan agama maka diselesaikan di pengadilan agama, jika berkaitan dengan pelanggaran militer maka diselesaikan di peradilan militer.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Actor sequitur forum rei

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Actor sequitur forum rei"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI