Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Argumentum ad populum

Pengertian

Kebenaran oleh suara terbanyak

Penjelasan

Ini didasarkan pada perolehan suara atau kesepakatan dalam berpendapat. Setiap orang memiliki pemikirannya sendiri. Pemikiran tersebut tentunya didasari dengan hati nurani walaupun ada yang didasarkan pada kepentingan. Jika terjadi suatu peristiwa hukum yang melibatkan hukum tidak tertulis, yang man mengharuskan adanya pemungutan suara maka yang dimenangkan adalah suara terbanyak. Suara terbanyak akan mewakilkan suatu kelompok tersebut untuk memenuhi rasa keadilan. Rasa keadilan tersebut akan timbul ditengah-tengah masayarakat jika suara yang didengar adalah suara terbanyak. Dan itu merupakan kebenaran bagi mereka. Kebenaran yang yang mereka tunjukkan adalah kebenaran yang didasarkan pada hati, setiap hati tentunya akan memiliki nurani untuk menimbang baik buruknya sesuatu itu.

Kebenaran atas suara terbanyak ini mengindikan bahwa asas ini menekankan pada kebersamaan. Suara satu orang tidak akan mewakili suara banyak orang, maka untuk mencapai kebenaran terebut harus didapatkan atas sepakatnya para pihak atau masayarakat yang bergerak dan menginginkan suatu keadilan. Keadilan nantinya akan menimbulkan rasa empati kepada hukum yang tumbuh dan berkembang agar lebih dihormati dan dipatuhi secara sadar. Kesadaran untuk mematuhi tersebut tentunya ditunjukkan dengan kebersamaan.

Suara terbanyak nantinya akan mampu menggerakkan hukum untuk mencapai cita-citanya, cita-cita hukum tersebut akan dijadikan naungan oleh setiap orang. Naungan akan keadilasn, keamanan dan kesejahteraan. Kesejahteraan yang didapat akan dimunculkan dari sikap toleransi antar pihak, toleransi tersebut diwujudkan dalam bentuk saling bekerjasama dalam menegakkan keadilan, selain itu toleransi juga ditunjukkan dengansikap saling mengahrgai walaupun didalam suatu masyarakat terdiri dari berbagai macam golongan. Setiap golongan harus menempatkan diri dalam sebuah standar yang telah diciptakan Bersama. Standar tersebut yaitu produk hukum, hukum yang dibuat harus sedemikian rupa dijadikan acuan dalam melakukan perbuatan hukum. Hal itu bertujuan untuk menjaga harmonisasi masayarakat yang heterogen sehingga memiliki satu pandangan  hukum. Pandangan hukum akan dibentuk dengan cara bertahap seiring dengan kesadaran masyarakat akan hukum. Kesadaran akan hukum antinya akan berdampak pada kestabilan dalam suatu masyarakat.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Argumentum ad populum

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Argumentum ad populum"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email