Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Fiat justitia et pereat mundus

Pengertian

Meski langit runtuh, hukum harus ditegakkan

Penjelasan

Asas ini merupakan penegasan yang harus dilaksanakan. Sama kita ketahui adalah asas itu bersifat abstrak yang berguna untuk menyelesaikan pertikaian hukum yang terjadi. Keabstrakannya tersebut menjadi dasar, sehingga jika ditarik akan menyelesaikan persoalan hukum secara fundamental yaitu berkaitan dengan dasar norma itu sendiri. Asas hukum tidak ditulis dalam perundang-undangan tapi mempunyai kuasa untuk menyelasaikan suatu persoalan. Tidak dituliskan karena setiap orang mengakui keberadaan asas tersebut sehingga walaupun tidak terlampir, jika asas dikemukakan dalam persidangan maka dapat dijadikan alasan penguat.

Walaupun langit runtuh, hukum harus ditegakkan mengandung makna bahwa dalam keadaan apapun hukum itu harus ditegakkan, penegakan hukum yang dicita-citakan tentunya harus memenuhi rasa keadilan dan kepuasan bagi para pihak yang bersengketa. Sebagai contoh walaupun yang diadili tersebut adalah orang yang disegani sekalipun atau mempunyai kekuasaan dan pengaruh yang besar dalam masyarakat, jika dia melakukan kesalahan melanggar hukum maka dia harus tetap dihukum. Hukuman yang diterapkan harus adil dan setimpal dengan perbuatannya. Perbuatannya tersebut tidak dapat hapus karena pengaruhnya. Seorang penegak hukum seharusnya memiliki karakter yang tidak pandang bulu dalam menyelesaikan perkara hukum, karena dengan demikian yaitu dengan tanpa pandang bulu dalam menegakkan hukum maka kewibaan penegak hukum akan muncul, masayarakat mempunyai rasa percaya kepada penegak hukum. Masyarakat memandang penegeak hukum sebagai pengayom yang dapat memberikan rasa keadilan, dengan kata lain sebagai perwakilan Tuhan di dunia.

Hukum harus ditegakkan walau langit runtuh juga memberi konsekuensi kepada masyarakat. Masyarakat diberi peringatan, bahwa hukum benar-benar akan ditegakkan walau apapun keadaannya. Jadi masyarakat tidak bisa seenaknya melakukan perbuatan, walaupun melakukan perbuatan melawan hukum sekecil apapun akan tetap diberi sanksi. Sanksi tersebut akan memberikan efek kepada masyarakat sehingga tidak akan melakukannya lagi. Masayarakat diminta dengan ancaman tersebut lebih berhati-hati dalam bertindak agar tidak keluar jalur. Asas tersebut efektif sekali dalam terhadap semua aturan baik aturan sanksi ringan maupn sanksi berat sekalipun.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Fiat justitia et pereat mundus

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Fiat justitia et pereat mundus"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email