Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Fides etiam hosti servanda

Pengertian

Iktikad baik harus didasarkan pada kemanusiaan (sekalipun untuk musuh)

Penjelasan

Rasa kemanusiaan harus dipupuk dalam kehidupan sehari-hari. Rasa kemanusiaan ini akan membentuk sebuah hubungan antara seseorang dengan orang lain sehingga terjalin suatu komunikasi yang nantinya akan berimbas pada perbuatan saling tolong menolong, saling mengayomi dan memenuhi kebutuhan sesamanya.

Dalam hal membuat perjanjian atau melakukan kontrak dengan orang lain, rasa kemanusiaan harus dijadikan dasar yang fundamental sehingga perjanjian yang dibuat bisa berimbas pada keuntungan yang sama-sama didapat. Iktikad baik yang didasarkan pada kemanusiaan juga harus ditunjukkan sekalipun kepada musuh. Artinya urgensi dari kemanusiaan ini harus ada dalam perjanjian. Kita harus memiliki rasa social atau kepekaan terhadap sesuatu perjanjian, artinya kita tidak serta merta langsung menolak jika ada orang yang ingin membuat perjanjian. Rassa kemanusiaan harus ditunjukkan bahwa seseorang pasti membutuhkan sesuatu, karena itulah dia membuat sebuah perjanjian. Mana tahu dari perjanjian yang dibuatnya itu dapat melapangkan urusannya atau memudahkan urusannya. Untuk hal itu sangat diperlukan rasa kemanusiaan,

Sekalipun dengan musuh, kita juga harus memberikan kesempatan kepada musuh untuk melakukan negosiasi. Negosiasi yang dihasilkan mungkin akan memberikan imbas pada kepentingan orang banyak. Mungkin orang lain dapat manfaat dari negosiasi yang dibentuk sehingga membentuk hubungan baru yang saling menguntungkan. Hal inilah yang menjadi dasar dari mengapa iktikad baik tersebut didasarkan pada rasa kemanusiaan.

Kesimpulannya adalah kita dalam membuat sebuah perjanjian harus didasarkan rasa kemanusiaan agar perjanjian tersebut dapat memberikan manfaat bagi para pihak dan pihak lain yang secara tidak langsung terlibat. Iktikad baik ini juga harus kita tunjukkan walaupun kepada musuh, kita harus membuka celah untuk berdamai dan mendengarkan apa yang akan disampaikan sehingga dengan demikian akan mudah menjalin hubungan baru seperti perdamaian.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Fides etiam hosti servanda

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Fides etiam hosti servanda"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email