Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Lex imperfecta

Pengertian

Hukum tanpa sanksi

Penjelasan

Hukum tanpa sanksi ini diterapkan seperti pada kode etik. Kode etik suatu profesi pada dasarnya tidak memuat sanksi, hanya memuat apa yang harus dilakukan dana pa yang tidak boleh dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temukan hukum yang seperti ini, mulai dari bangun pagi sampai kita tidur lagi. Contohnya saat kita akan berangkat kerja, dijalan, jika kita pejalan kaki kita harus berjalan di trotoar, jika kita tidak berjalan di trotoar kita tidak akan mendapatkan sanksi, resiko tanggung sendiri yaitu kecelakaan. Selanjutnya ditempat kerja, tempat kerja yang formal biasanya memakai baju seragam, pemakain baju seragam ini diatur dalam peraturan yang baku, sehingga setiap orang wajib memakai baju seragam, ini juga termasuk kedalam hukum tanpa sanksi.

Intinya hukum tanpa sanksi ini berupa prosedur yang harus ditaati walaupun tidak ada sanksinya. Yang menjadi parameternya adalah perasaan dan hati nurani. Kita akan terlihat berbeda dengan orang lain jika tidak menaati suatu aturan sehingga akan menimbulkan rasa malu karena terlihat oleh orang lain. Bagi pelanggar aturan juga akan dikucilkan dan menjadi bahan perbincangan bagi orang lain. Perbincangan itu tentunya menjadi lecutan bagi kita untuk tidak melanggar aturan lagi.

Hukum tanpa sanksi ini menunjukkan bahwa hukum itu mempunyai klasifikasi yang jelas, setiap aturan yang didalamnya memuat sanksi  tentunya sudah pasti itu hukum, ternyata ada lagi, bahwa aturan yang tidak menerapkan sanksi juga disebut dengan hukum. Pada pokoknya setiap aturan yang tertulis maupun tidak tertulis itu adalah hukum. Setiap gerak gerik kita adalah hukum. Hukum itu melekat distiap diri kita baik terhadap perbuatan yang telah terjadi, sedang terjadi, maupun yang akan terjadi.

Asas ini lebih cenderung kepada aturan yang bersifat procedural atau semacam petunjuk penggunaan, petunjuka penggunaan harus dilakukan dengan urut atau runtut agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, seperti dalam hal membuat aturan hukum, sebelum membuat aturan hukum tentunya ada skema yang harus diikuti, langkah demi langkah agar tersistem dan mendapatkan hasil yang maksimal dan menyeluruh untuk kepentingan Bersama. Dalam hal ini, petunjuk teknis tersebut merupkan hukum tanpa sanksi yaitu hanya menerangkan apa-apa yang harus dilakukan agar suatu produk hukum dapat lahir dan mampu memberikan rasa keadilan.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Lex imperfecta

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Lex imperfecta"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email