Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Lex specialis sistematis

Pengertian

Kekhususan yang sistematikal

Penjelasan

Dalam hal dua aturan khusus yang saling bertentangan, bagaimana? Maka yang perlu kita lihat adalah materi atau norma yang dipertentangkan. Pertentangan dari dua norma yang ada dalam aturan khusus yang harus dimenangkan adalah aturan yang memuat kekhususan yang lebih khusus. Artinya jika norma yang lebih khusus dari khusus tersebut memuat norma yang lebih memberikan rasa keadilan dan menerapkan atau memuat aturan yang memenuhi kualifikasi dari dari pelanggaran yang dibuat.

Artinya dalam hal ini perlu penafsiran yang sangat teliti berkaitan dengan hukum khusus apa yang akan dipakai. Penafsiran yang dipakai haruslah tepat, jika tidak tepat maka akan memberikan rasa ketidakadilan bagi yang dirugikan. Penafsiran dapat dilakukan dengan cara penafsiran gramatika, penafsiran otentik, penafsiran historis dan lain sebagainya. Sehingga jika suda melakukan penafsiran ini maka akan didapat suatu benang merah dan mendapatkan kualifikasi yang tepat dari dua aturna khusu yang slaing bertentang tersebut.

Dua aturan khusus ini juga tidak harus bertentangan. Bisa juga jika memiliki kesamaan. Misalnya antara undang-udang lingkunagn hidup dengan undang-undang pertambangan, dalam undang-undang lingkunang hidup diatur berbagai macam aturan yang berkaitan dengan alam dan perlindungan lingkugan, sedangkan materi undang-undang pertmbangan juga merupakan atau merupakan bagian dari undang-undang lingkungan hidup. Dalam hal ini, maka yang lebih khusus adalah undang-undang pertambangan. Hal ini bisa dipakai jika ada pelanggaran terhadap pertambangan. Jika hanya melanggar undang-undang lingkungan hidup maka yang dipakai tetap undang-undang lingkungan hidup, karena dalam hal ini tidak bisa berlaku asas kekhususan tersebut.

Asas ini akan berimbas pada aturan mana yang akan dipakai. Karena terhadap dua aturan khusus yang harus ditafsirkan secara sistematis. Kesistematisan ini akan memberikan titik terang pada peradilan disuatu negara. Hakim dapat dengan mudah melalui penerapan asas ini memutus suatu perkara sehingga menyelesaikan suatu sengketa dengan ingkrah dan memenuhi rasa keadilan. Keadilan yang dituju adalah terciptanya suatu tatanan yang madani yang mana setiap warga masyarakatnya mempunyai kesadaran hukum untuk selalu menjaga lingkungan yang telah diwariskan oleh nenek moyang terdahulu

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Lex specialis sistematis

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Lex specialis sistematis"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email