Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Lex superior derogat legi inferior

Pengertian

Hukum yang lebih tinggi mengesampingkan hukum yang lebih rendah

Penjelasan

Dalam peraturan perundang-undangan Indonesia terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari Undang Undang Dasar sebagai konstitusi yang berada pada urutan pertama sampai kepada peraturan desa. Peraturan ini berupa hierarki yang harus mempunyai kesinambungan antara hierarki pertama dengan hierarki dibawahnya. Hierarki ini menunjukkan bahwa adanya aturan yang tinggi dan ada aturan atau hukum yang lebih rendah.

Peraturan ini harus koheren, artinya tidak boleh bertentangan dengan satu sama laian. Pertentangan terjadi karena adanya kesalahan dari perumus undang-undang itu sendiri baik disengaja ataupun tidak disengaja. Secara sengaja, pemerintah yang berwenang sengaja membuat undang-undang yang bertentangan denga undang-undang dasar misalnya. Hal ini tidak lebih karena kepentingan oknum tersebut. Oknum tersebut memiliki kepentingan didalamnya, contohkan saja, dengan adanya aturan yang dibuatnya dapat menguntungkan pihaknya walaupun pada dasarnya bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. Sedangkan secara tidak sengaja, penguasa yang berwenang murni tidak mengetahui bahwa aturan yang mereka buat bertentangan dengan aturan yang ada diatasnya atau peraturan yang lebih tinggi. Mereka kurang jeli dalam menafsirkan Bahasa hukum sehingga membuat klausula atau aturan normative yang bertentangan. Selain itu adanya makna ambigu yang dibuat oleh penguasa yang berwenang, maksudnya adalah penguasa berwenang tidak memberikan Batasan secara jelas tentang norma yang dibuatnya, sehingga dapat memunculkan multi interpretasi yang berakibat pada rusaknya system dan penambahan beban kerja. Penambahan beban kerja tersebut dikarenakan undang-undang yang butuh penafsiran.

Bagaimana cara mengatasinya. Cara mengatasi dua peraturan perundang-undangan yang saling bertentangan ini adalah dengan memakai asas hukum umum. Ilustrasinya seperti ini, jika ada aturan yang sekelas Peraturan Presiden bertentangan dengan Undang-undang, penyelesaiannya adalah dengan cara memakai asas Lex superior derogat legi inferior. Asas ini akan menyelesaikan dengan sangat mudah, bahwa dari ilustrasi tersebut aturan yang dimenangkan adalah aturan yang berupa undang-udang. Karena menurut hierarki kedudukan undang-undang lebih tinggi dari peraturan presiden.

Pengertian Asas Lex superior derogat legi inferior

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Lex superior derogat legi inferior"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email