Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Minima non curat praetor

Pengertian

Hakim mengesampingkan hal yang tidak penting

Penjelasan

Hakim akan mengabaikan hal-hal atau keterangan yang tidak ada hubungannya dengan perkara yang sedang diadili. Hakim akan focus pada pokok perkara saja. Hal ini bertujuan untuk terciptanya peradilan yang cepat dan efisien. Keefisienan waktu persidangan akan cepat memberikan keadilan bagi para pihak yang berperkara. Para pihak membutuhkan keadilan dengan secepat mungkin agar segala objek perkara dapat menjadi haknya. Dalam hukum pidana terdakwa akan cepat mendapatkan hukuman dengan demikian dia dapat kepastian hukum tanpa harus terlunta-lunta dengan kepastian kasusnya.

Hakim yang memiliki loyalitas dalam persidangan akan mengatur jalannya persidangan, jalannya persidangan tersebut diatur dengan mendengarkan keterangan-keterangan yang penting saja. Hakim yang bijak akan memotong pembicaraan orang yang memberikan keterangan yang tidak ada kaitannya dengan pokok perkara. Hakim juga akan memberikan peringatan kepada peserta persidangan yang  tidak menghormati persidangan, karena hanya akan membuang-buang waktu saja.

Keterangan yang tidak berkaitan dengan persidangan tentunya bukan fakta hukum, hanya keterangan yang sifatnya pengalihan atau pengantar yang tidak perlu disebutkan. Poin-poin dari keterangan harus dimunculkan secara sederhana dan ringkas supaya persidangan berjalan dengan cepat dan tujuan dari persidangan tersebut tercapai, yaitu ditemukan fakta hukum yang akan menjadi pertimbangan hakim dalam memutus suatu perkara.

Pada akhirnya hakim yang mengenyampingkan hal yang tidak penting dalam persidangan akan mewujudkan peradilan yang cepat dan efisien, peradilan yang efisien akan memberikan rasa keadilan dan memberikan kepastian hukum kepada para pihak yang sedang berperkara di pengadilan.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Minima non curat praetor

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Minima non curat praetor"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email