Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Moneat lex prius quam feriat

Pengertian

Undang-undang harus memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum menerapkan ancaman

Penjelasan

Artinya undang-undang dibuat oleh para penguasa tidak langsung memberikan sanksi, terlebih dahulu diberi peringatan. Dalam masa sosialisasi. Pemerintah memberikan pemberitahuan terlebih dahulu berupa himbauan dan sosialisasi sanksi yang akan dikenakan jika melanggar peraturan undang-undang tersebut. Pejabat yang berwenang akan membuat sebuah agenda untuk mensosialisasikan undang-undang yang baru. Agenda tersebut akan disosialisasikan dalam sebuah tim. Tim tersebut terdiri dari pejabat atau staf dari instansi terkait.

Sosialisasi undang-undang yang baru bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat bahwa ada undang-undang baru yang ada. Ada aturan baru yang harus ditaati, pembatasan perbuatan bagi masyarakat. Biasanya jangka waktu sosialisasi yang dilakukan pemerintah akan dibatasi. Selama sosialisasi belum diterapkan sanksi hanya diberi peringatan terlebih dahulu, bagi orang yang masih melanggar aturan masih diberikan dispensasi tapi dengan syarat jika dilanggar lagi maka akan diberikan sanksi jika masih melanggar pada masa sosialisasi.

Setelah sosialisasi dilakukan, maka tidak ada lagi peringatan yang ada adalah pemberian sanksi. Sanksi yang diberikan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang baru tersebut. Prosesnya akan sama dengan penerapan sanksi biasa pada umunya. Karena undang-undang baru yang dibuat untuk penyelesaian sengketanya akan disesuaikan dengan proses peradilan di Indonesia. Kecuali undang-undangnya bersifat khusus dengan penyelesaian yang khusus juga untuk mengadilinya.

Kesimpulannya dalam hal undang-undang yang baru disahkan, maka untuk merealisasikannya tahap awal adalah dengan sosialisasi dan memberi peringatan kepada subjeknya, setelah melakukan peringatan, maka barulah sanksi diterapkan. Hal ini dilakukan agar masyarakat tahu dan dapat peringatan sehingga pada saat penerapan sanksi tidak lagi melanggar aturan yang telah disosialisasikan.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Moneat lex prius quam feriat

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Moneat lex prius quam feriat"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email