Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Negativa non sunt probanda

Pengertian

Membuktikan sesuatu yang negatif itu menjadi tidak mungkin (susah)

Penjelasan

Secara filosfis untuk hal yang negative akan susah dibuktikan. Parameternya adalah pada diri sendiri. Anggap saja diri kita melakukan suatu kesalahan, maka hal yang kita lakukan pertama adalah menutupinya. Kita akan berusaha untuk sebisa mungkin untuk merahasiakan terhadap apa yang kita perbuat tersebut. Perbuatan yang kita buat tersebut kita mengetahui bahwa itu salah, tapi secara naluriah seseorang itu pasti akan mghindari dari tuduhan tersebut.

Membuktikan sesuatu yang negative pada diri kita akan tidak mungkin. Kita lihat dipersidangan, banyak sekali orang bersalah yang masih membela dirinya agar tidak terkena hukuman. Kalaupun sudah ada bukti yang menyatakan kesalahannya masih saja tetap melakukan usaha agar hukumannya diringankan. Keringanan hukuman diminta atau dimohonkan kepada majelis hakim. Melakukan ini juga dapat dilakukan dengan cara baik dan buruk, cara baiknya adalah selalu patuh pada aturan dalam peradilan, ketika dipanggil selalu memenuhi panggilan dari pengadilan. Dengan arti kata seseorang tersebut kooperatif dalam proses persidangan, hal ini dapat meringankannya sebagai terdakwa atau seabagai pelaku kesalahan. Cara lain dan sangat buruk adalah dengan melakukan suap, baik kepada hakim maupun kepada jaksa. Hal ini dilakukan dengan cara menawarkan uang untuk bisa meringankan tuntutan oleh jaksa dan memutus bebas oleh hakim. Perbuatan tersebut sangat tidak terpuji.

Jadi, untuk membuktikan hal yang negative itu sangat sulit, seseorang tidak akan pernah memberikan keterangan dengan senang hati terhadap kejahatan yang telah dilakukannya. Orang akan berusaha bersembunyi, tidak hanya sendiri, bahkan meminta orang lain yang berkaitan dengan perbuatannya untuk tidak memberikan keterangan, dengan arti kata membungkam fakta yang telah ada.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Negativa non sunt probanda

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Negativa non sunt probanda"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI