Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Nemo ius ignorare consentur

Pengertian

Setiap orang dianggap tahu undang-undang

Penjelasan

Nama lain dari asas ini adalah /iedereen wordt geacht de wet kennen = fictie hukum. Berkaitan dengan ini, setiap orang dianggap tahu akan undang-undang. Ini bertujuan untuk penerapan itu sendiri. Penerapan yang merata terhadap suatu penduduk dalam bernegara juga akan menciptakan keadilan. Seseorang harus dihukum walaupun tidak tahu aturan yang telah berlaku terhadap perbuatan yang dilakukan. Melakukan perbuatan melawan hukum sekaipun belum pernah mendengar atau membaca suatu aturan maka akan tetap dihukum. Karena hal tersebut bukanlah alasan pemaaf bagi orang yang melanggar.

Mengapa demikian? Jika hal tersebut atau asas tersebut tidak dipakai, maka setiap orang akan mempunyai asalan jika dia melakukan kejahatan, yaitu dengan alasan dia tidak mengetahui adanya aturan sehingga dia dikatakan melakukan kejahatan. Hal ini akan mengacaukan system hukum suatu negara, yang mana masyarakat yang melakukan kejahatan tidak bisa dihukum dengan hukum negara dengan alasan seperti itu. Dengan adanya asas ini akan memberikan kepastian hukum bagi penegak hukum dan bagi rakyat yang tunduk pada hukum. Ketundukan ini diciptakan dalam bentuk mau tidak mau harus tahu akan hukum. Setiap orang tentunya harus belajar dan harus mengikuti perkembangan hukum negaranya agar tidak tahu aka hukum.

Sebagai contoh, ada masyarakat yang tinggal dipedalaman pergi ke kota, orang ini tidak mengetahui hukum yang berlaku. Dalam kelompoknya dipedalaman yang hidup secara kolektif bahwa apa yang ada didalam hutan adalah milik Bersama sehingga siapapun bebas mengambil apapun yang ada dihutan tersebut. Tapi setelah berada dikota dia mengambil milik orang lain, sehingga dia dikatakan mencuri. 

Nah, dalam hal ini orang tersebut dapat dikenakan sanksi pasal pencurian, walaupuan tidak mengetahui akan hukum yang berlaku. Orang tersebut harus diproses secara hukum untuk mengakkan keadilan. Mengapa harus dihukum sedangkan dia tidak tahu apa-apa? Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan gejolak social, orang yang merasa menaati aturan akan berontak, mengap dia tidak diproses sedangkan kedudukan sama-sama sebagai warganegara. Untuk meghindari hal tersebut maka perlu hukum itu ditegakkan walaupun orang yang bersangkutan tidak tahu akan hukum.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Nemo ius ignorare consentur

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Nemo ius ignorare consentur"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email