Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Nulta sed non multum

Pengertian

Sesuatu yang banyak namun tidak ada faedah untuk hukum

Penjelasan

Artinya pada saat penyampaian keterangan dalam pengadilan seseorang itu harus menyampaikan keterangan yang ringkas dan jelas, tidak bertele-tele karena tidak akan berfaedah dan tidak akan menjadi argument yang dipakai dalam persidangan. Persidangan itu adalah media untuk menyampaikan bukti, pembelaan, sanggahan, jawaban bukan sebagai media curhat atau pidato Panjang lebar yang banyak pembukaannya. Maka seorang hakim harus menjadi control dalam suatu persidangan. Hakim memberi peringatan jika ada yang menyampaikan tidak secara ringkas dan jelas, begitupun sebgai jaksa, jaksa menyampaikan tuntutan harus jelas dan langsung menuju pada pokok dalam hal dasar hukum, pasal yang dialnggar dan tuntutan yang diajukan.

Pengacara juga harus seperti ini, pembelaan pengacara tidak boleh ambigu apalagi menggunakan kata-kata yang Panjang dan lebar. Langsung saja pada esensinya, hakim akan paham dan mengejar hanya kepada fakta saja bukan pembukaan atau hal yang tidak berguna. Pengacara yang sudah boleh beracara tentunya paham betul bagaimana cara beracara dipersidangan. Pengacara yang jeli dan jenius juga tidak akan membuang-buang waktu untuk menyampaikan suatu fakta hukum atau pembelaan karena pengacar juga merasa tidak perlu menyampaikan hal yang tidak ada kaitannya dengan perkara dan jika disampaikan hakim pun tidak akan mengubrisnya.

Dengan demikian siapapun yang beracara atau mengikuti persidangan harus menyampaikan suatu argumentasi secara cerdas dengan memperhatikan materinya yang jelas dan ringkas agar tercipta peradilan yang cepat dan efisien sehingga dapat memberikan kepastian hukum dan membuat lega para pihak yang berperkara.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Nulta sed non multum

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Nulta sed non multum"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email