Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Quod licet jovi non licet bovi

Pengertian

Sesuatu yang boleh dilakukan oleh seseorang bukan berarti boleh dilakukan orang lain

Penjelasan

Ada perbuatan yang boleh dilakukan oleh orang tapi tidak boleh dilakukan ileh orang lain. Dalam hal ini dapat kita contohkan pada hak imunitas pada duta besar. Para duta besar memiliki suatu kekuasaan untuk mewakili atau sebagai delegasi ke negara lain sebagai bentuk hubungan internasional dengan negara lain. Sebagai duta besar memiliki hak-hak istimewa yang hanya didapat oleh seorang duta besar saja. Ini artinya hanya duta besar tersebut yang dapat melakukan tersebut. jika kita bawakan kepada orang biasa, orang biasa tidak boleh melakukan atau tidak akan berhak melakukan perbuatan yang sama seperti duta besar tersebut.

Sebagai contoh lain Lembaga legislative, Lembaga legislative bertugas untuk membuat undang-undang, tugas yang diemban tersebut hanya boleh dan berwenang dilakukan oleh Lembaga tersebut. orang lain yang tidak tergabung dalam Lembaga legislative tidak akan bisa melakukan fungsi legislator seperti itu karena tidak akn diakui oleh suatu negara sebagai produk hukum yang sah.

Secara filosofis, setiap orang itu ada Batasan untuk melakukan suatu perbuatan. Perbuatan yang dilakukan sesuai dengan kewenangannya sebagai manusia. Kita tahu bahwa kewenangan setiap kita berbeda-beda dalam hukum, ada yang berhak mengadili, ada yang berhak membuat aturan, ada yang berhak menggunakan sesuatu dan lain sebagainya.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Quod licet jovi non licet bovi

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Quod licet jovi non licet bovi"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email