Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Res inter alibs acta

Pengertian

Perjanjian hanya mengikat para pihak yang mengikatkan diri

Penjelasan

Dalam hukum perdata, seseorang itu hanya terikat pada perjanjian yang dibuatnya, artinya ada beberapa pihak yang mengikatkan diri. Maka yang harus mematuhi aturan perikatan yang dibuat itu hanyalah orang-orang yang melakukannya. Artinya orang lain yang tidak ada kaitannya atau tidak termasuk dalam perjanjian atau perikatan tersebut tidak terikat. Mereka yang tidak melakukan perjanjian tidak mempunyai tanggung jawab dihadapan hukum.

Pertangungjawaban hanya dimintakan pada para pihak yang melakukan perikatan. Perikatan tersebut harus melalui kesepakatan para pihak, para pihak yang melakukan perikatan harus cakap hukum, ada barang tertentu, dan terhadap sesuatu yang halal dan tidak bertentangan dengan hukum, maka berdasarkan syarat tersebut yang wajib menjalankan atau mematuhi apa yang disepakati hanya mereka yang melakukan perjanjian.

Berkaitan dengan orang lain yang tidak melakukan perjanjian, jika terjadi suatu sengketa dikemudian hari, maka orang tersebut tidak dapat dilibatkan dan dimintakan pertanggungjawaban karena mereka memang tidak melakukan perjanjian tersebut.

Asas ini memberi Batasan kepada subjek terhadap suatu perjanjian, yang menyatakan bahwa keterlibatan itu hanya bagi para pihak bukan pihak lain yang tidak melakukan suatu perikatan. Sehingga jika dalam pembuktian nantinya, hakim akan melihat pihak mana yang benar-benar terlibat dalam suatu perjanjian atau tidak.

Hakim akan mudah memberikan putusan dengan memakai asas ini yang berkaitan kepada pihak mana saja yang akan dijatuhi sanksi. Ini dapat dilihat atau dinilai melalui isi perjanjian yang dibuat, hakim akan melihat apakah seseorang tersebut terlibat atau tidak. Jadi hakim tingga mengambil siapa pihak yang ada didalam suatu perjanjian.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Res inter alibs acta

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Res inter alibs acta"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email