Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Solus populi suprema ets lex

Pengertian

Suara rakyat adalah hukum tertinggi

Penjelasan

Berkaitan dengan hukum tertinggi, kita mengenal bahwa dalam demokrasi suara rakyat adalah suara tertinggi, mengapa? Karena pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan hanya sebagai alat yang mengabdikan diri utnutk kepentingan umum, kepentingan umum yanag berupa pelayanan harus dilaksanakan dengan baik dan benar. Karena rakyat merupakan prioritas utama dalam bernegara. Suatu tujuan negara adalah untuk mensejahterakan negaranya, cara mensejahterakan negara adalah dengan mensejahterkan rakyatnya. Setiap aspirasi rakyat yang sifat penting harus dilaksanakan oleh pemerintah. Pemerintah yang bijak harus dengan cekatan melaksanakan tugasnya supaya rakyat menghormati pemimpin yang telah mereka percayai untuk menjalankan pemerintahan.

Suara rakyat mempunyai andil dalam politik hukum dalam suatu negara. Mustahil suatu negara akan maju jika pemerintahnya menjalankan pemerintahan atas kehendaknya sendiri tanpa mendengarkan aspirasi rakyat. Aspirasi rakyat merupakan ujung tombak dari segalanya. Ujung tombak yang akan mengantarkan pada kemakmuran. Jika hanya kehendak pemerintah yang dijalankan maka akan terjadi kesenjangan dalam masyarakat, terutama masayarakat miskin, masyarakat miskin akan terkena dampak terhadap aturan yang tidak strategis. Dengan demikian tujuan negara tidak dapat dicapai.

Tujuan negara harusnya beriringan dengan tujuan masyarakat. Negara harus melihat keadaan negaranya sebagai strategi mensejahterakan rakyatnya. Misalkan jika suatu negara mempunyai wilayah yang subur dengan tanahnya yang luas, maka negara harus mengatur aturan yang menguntungkan dibidang pertanian, begitupun dari segi kelautan. Jangan sampai penyelenggara negara membuat aturan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan keadaan geografis negaranya. Jika hal ini sudah dilakukan yang hanya ada adalah perdamaian dan kesejahteraan, karena suaranya didengar, apa yang menjadi keluhannya dicarukan solusinya.

Pemerintah yang memiliki hubungan emosional dengan rakyatnya akan mudah menjalankan program kerjanya, mengapa demikian? Karena sudah adanya rasa saling mempercayai, tidak adanya rahasia atau perang kepentingan, pemerintah harus tidak punya kepentingan selain menyejahterakan rakyatnya dan rakyatpun begitu, punya kepentingan atau hak untuk sejahtera. Jika sudah sling percaya apapun yang berhungan dengan kepentingan rakyat pemerintah akan selalu dibantu untuk menyukseskan program-programnya.
Kesimpulannya adalah, memang suara yang harus dijunjung tinggi adalah suara rakyat. Tujuan negara tak lain dan tak bukan adalah untuk menyejahterakan rakyatnya bukan menyejahterakan aparatnya dengan cara merampas uang dan hak rakyat.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Solus populi suprema ets lex

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Solus populi suprema ets lex"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email