Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Titulus est lex & rubrica est lex

Pengertian

Judul perundang-undangan menentukan dan bagian perundang-undangan yang menentukan

Penjelasan

Sebuah undang-undang yang dibuat tentunya mempunyai bagian seperti judul, dasar hukum yang ada pada konsideran, pengertian-pengertian, bagian isi, dan pengesahan oleh pihak yang berwenang. Secara garis besar kita dapat menentukan materi atau norma apa yang diatur oleh undang-undang hanya dengan melihat judul. Karena dengan judul suatu undang-undang kita dapat memperkirakan isi undang-undang tersebut secara umum. Kita mendapatkan pengetahuan atau anggapan umum tentang isi dari suatu undang-undang.

Jika ingin melihat lebih dalam lagi atau ingin mempelajarinya maka kita dapat melihat bagian konsiderannya, yaitu berkaitan dengan dasar hukum yang dipakai, tentang undang-undang sebelumnya yang mengatur dan tentang landasan sosiologis terbentuknya undang-undang tersebut.

Pada bagian pasal atau isi undang=undang akan memuat ketentuan umum yang didalamnya terdapat definisi-definisi yang memberikan dasar atau Batasan dalam undang-undang tersebut. Setelah ketentuan umum kita akan melihat bagian asas-asas yang terdapat dalam undang-undang tersebut, pada bagian asas ini biasanya selalu ada tapi ada juga yang tidak ada.

Masih pada bagian isi, pada bagian ini akan menjelaskan tujuan dari pembuatan undang-undang tersebut, manfaat, dan subjek yang terkait dengan undang-undang tersebut. Setelah itu baru ada didalamnya norma-norma atau ketentuan yang berupa perintah atau larangan, atau perkenan. Didalamnya juga memuat sanksi jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh subjek hukumnya.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Titulus est lex & rubrica est lex

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Titulus est lex & rubrica est lex"

Mohon bantu Subscribe juga Channel Youtube Author ya sahabat Tebe. Semoga channel Author bisa berkembang. Jangan Lupa SUBSCRIBE karena subscribe itu GRATIS. Makasih Banyak. ^_^

Berlangganan via Email