Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asas Ultra posse neno obligator

Pengertian

Seseorang tidak akan dibebani melebihi kemampuannya

Penjelasan

Kemampuan seseorang ada batasannya, batasan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tenaga yang dimiliki dan materi yang dimiliki. Orang memberi beban harus paham batasan-batasan untuk memberikan suatu sanksi. Seseorang tidak akan dibebani terhadap apa yang tidak menjadi kesanggupannya. Sanggup atau tidak sanggup itu bervariasi juga, untuk orang yang berbeda belum tentu sanggup melakukan hal yang sama. Hal tersebut harus diperhatikan oleh seorang penegak hukum atau pemberi keadilan. Keadilan yang dikehendaki bukan sama rata melainkan sesuai dengan porsinya masing-masing. Perbedaan porsi inilah yang membutuhkan kejelian untuk menerapkan suatu sanksi kepada seseorang

Orang dengan materi atau uang yang dimilikinya bisa membayar sanksi denda yang dijatuhkan kepadanya, sedangkan ada orang lain dengan penjatuhan sanksi yang sama tidak dapat membayarkan denda yang telah dibacakan dalam putusan pengadilan. Adil itu relative, relatifnya tersebut menunjukkan bahwa putusan hakim juga relative, putusan hakim akan mengikuti bagaimana jalannya dalam persidangan. Berdasar bukti hakim memberikan penilaiannya.

Jika batasan tersebut dipakai oleh badan yang berwenang dalam membuat suatu aturan, maka aturan yang dibuat tersebut akan bersesuaian dengan asas ini, sehingga terbentuk suatu keseimbangan antara kemampuan seseorang dengan aturan yang dibuat. Sebenarnya untuk penerapan sanksi maksimum bisa saja tegas dengan hukuman berat, tapi hakim harus bisa menentukan kepantasan hukuman bagi orang yang melanggar agar sesuai dengan perbuatannya.

Asas lengkap: Teori Hukum, 72 Asas Hukum Umum

Pengertian Asas Ultra posse neno obligator

Posting Komentar untuk "Pengertian Asas Ultra posse neno obligator"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI