Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merawat baterai handphone agar tetap awet

Telepon genggam atau gawai atau handphone sekarang merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Mengapa demikian, komunikasi dan informasi sudah sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, baik itu ekonomi, pendidikan, maupun perdagangan hal tersebut pun sudah disuguhkan secara canggih dan hanya dari genggaman. Handphone yang kita kenal sekarang berawal dari hanya sekedar suara, setelah itu bisa mengirimkan pesan singkat. Sekarang pada perkembangannya sudah bisa menggantikan komputer dengan tingkat portabilitasnya yang mudah.

Semakin intensnya pemakaian handphone atau smartphone pada saat ini tentunya juga akan mempengaruhi bagi kesehatan handphone itu sendiri, khususnya pada baterai handphone tersebut. Tentunya disamping aplikasi daya baterai merupakan hal yang sangat penting, jika tidak ada baterai maka handphone tidak akan bisa hidup dan beroperasi.

Tentunya dengan demikian kita perlu melakukan perawatan kepada baterai handphone agar memiliki kesehatan baterai yang bagus sehingga dapat kita gunakan dalam waktu yang relatif lama dan efisien.

Bagaimanakah cara merawat baterai handphone agar selalu awet?

1. Gunakan handphone kita sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan.

Maksudnya disini adalah handphone yang kita pakai sebaiknya digunakan sesuai dengan spesifikasinya atau kemampuannya. Jika handphone kita hanya bisa menjalankan aplikasi yang ringan – ringan maka jangan sekali – kali menginstal aplikasi yang berat dan susah dijalankan pada handphone kita. Ini akan berpengaruh kepada baterai yang cepat habis, suhu handphone akan meningkat karena prosesor bekerja dengan maksimal. Hal tersebut tidak hanya mempercepat habis baterai pada saat itu, tapi juga berpengaruh kepada kesehatan baterai kita (battery health) dengan arti kata kemampuan penyimpanan baterai handphone kita akan menurun.

2. Isi daya pada saat baterai sudah lemah.

Pengisian daya baterai sembarangan juga akan berpengaruh pada kesehatan baterai handphone kita. Karena tegangan listrik yang masuk pada handphone kita akan mengurangi kesehatan baterai kita sehingga dapat menurunkan kapasitas penyimpanan baterai handphone. Nah, cara yang benar mengisi baterai adalah, jika sudah lemah maka langsung isi daya baterai dengan pengisi daya hingga penuh. Pengisian daya baterai pada saat belum lemah (kisaran 15%) akan mengakibat kesehatan baterai akan menurun karena tegangan listrik yang secara berulang masuk ke dalam baterai handphone.

3. Jangan sering-sering mengisi daya beterai Handphone

Pengisian baterai handphone secara berulang – ulang juga akan mempengaruhi kesehatan baterai. Contoh baterai kita masih 65% lalu kita isi karena kesibukan pengisian daya kita putus dan sambung secara terus menerus. Dengan demikian akan merusak baterai sehingga menurunkan kesehatan baterai.

4. Jangan biarkan baterai Handphone sampai 0%

Penggunaan handphone yang intens hingga tidak menyisakan daya baterai sangat berbahasa bagi kesehatan baterai handphone. Bahaya ini memang tidak terasa pada jangka waktu yang pendek, tapi akan dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Perbedaan akan terlihat atas dua handpone yang sama dengan handphone yang satu selalu melakukan tindakan perawatan dan yang satu lagi melakukan pengisian daya mulai dari 0%. Seiring berjalannya waktu Handpone yang sering diisi dari daya 0% persen akan cepat rusak dan memiliki kesehatan baterai yang lebih rendah.

5. Tidak menggunakan pengisi daya atau charger sembarangan.

Penggunaan pengisi daya handphone harus menjadi perhatian bagi kita semua. Pada setiap pembelian handphone sudah dilengkapi dengan pengisi dayanya masing-masing. Penggunaan pengisi daya yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya juga akan merusak Handphone. Tegangan pengisi daya setiap handphone berbeda – beda, jadi sebaiknya gunakan pengisi daya yang diberikan oleh pabrik, kalaupun terdesak kita dapat melihat info tegangan pada pengisi daya lain agar tidak melebihi tegangan yang bisa diterima oleh handphone kita.

Demikian tips cara merawat baterai handphone versi admin Terus Berjuang. Jika ada tambahan silahkan tambahkan pada kolom komentar.

Terimakasih.



Posting Komentar untuk "Cara merawat baterai handphone agar tetap awet"

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat