Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Lingkungan - Ujian Akhir Semester

1. Perlakuan kepada lingkungan hidup juga membutuhkan etika agar lingkungan hidup selalu dalam posisi idealnya. Posisi ideal juga akan menguntungkan kepada manusia karena dari alam akan menghasilkan sumber dayanya.
  • (a) Jelaskan salah satu teori etika lingkungan hidup! Bagaimana menurut pendapat saudara cara efektif penerapan teori etika lingkungan untuk menjaga kelestarian hayati?
  • (b) Jono adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang sumber daya mineral. Dia mengambil sumber daya air pegunungan untuk dijadikan minuman kemasan. Untuk membuat pabrik pengolahan air dia butuh mengeksploitasi alam dengan menebang hutan disekitar mata air. Ternyata setelah mengurus izin, pemerintah menolak untuk pendirian pabrik tersebut. Tetapi jono tidak patah semangat, dia menyogok pegawai yang memiliki pengaruh untuk mengeluarkan izin tersebut. ternyata izinpun dikeluarkan. Setelah selesai pembangunan pabrik, ternyata berpengaruh kepada lingkungan, sumber air yang semula melimpah menjadi menurun dan dipastikan hanya sampai separuh dari target keuntungan yang telah dihitung. Di sisi lain timbul permasalahan lagi, ternyata tanah tempat pendirian pabrik merupakan tanah ulayat. Masyarakat Hukum adat disana menuntut agar pabrik tersebut ditutup karena menyalahi aturan adat setempat.
  • Jenis etika apa yang dilanggar dalam kasus tersebut?
  • Siapa yang paling bertanggung jawab terhadap kasus lingkungan hidup tersebut? Jelaskan alasannya!
  • Sanksi apa yang tepat dijatuhkan kepada pelaku pada narasi tersebut? Jelaskan alasannya!
  • Menurut saudara, bagaimana penyelesaian agar lingkungan tersebut kembali memenuhi baku mutu lingkungan hidup?
2. Jelaskan pengertian:
  • a. Gugatan class action.
  • b. Penyelesaian sengketa melalui jalur non litigasi,
  • c. Penyelesaian sengketa melalui jalur litigasi!
  • 3. Jelaskan peran, fungsi dan kewenangan Pemerintah Daerah dalam perlindungan lingkungan Hidup!
4. Limbah B3 harus menjadi perhatian bagi seluruh pengusaha yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Unit usaha harus mengelola limbah B3 agar tidak mencemari lingkungan. Ada dua buah perusahaan yang berdekatan melakukan kegiatan usaha, perusahaan tersebut sama – sama bergerak dibidang produksi obat kimia. Diantara dua gedung perusahaan tersebut ada sebuah sungai. Sedikit demi sedikit terjadi pencemaran sungai dan pada akhirnya melewati ambang batas baku mutu lingkungan hidup. Ternyata diidentifikasi bahwa ada kegiatan pembuangan limbah B3 yang dilakukan oleh perusahaan.
  • a. Menurut saudara bagaimana cara menentukan siapa yang bersalah dalam kasus tersebut? Jelaskan!
  • b. Apa bentuk upaya pemerintah dalam menertibkan penyelewengan pengolahan limbah B3 terhadap dua perusahaan yang bergerak dibidang yang sama? Jelaskan!
  • c. Sanksi apa yang cocok dijatuhkan agar pengusaha jera dan tidak mengulangi perbuatan tersebut? Jelaskan!
5. Berikan satu contoh kasus pencemaran lingkungan yang ada disekitar kita dengan menyertakan dampaknya kepada lingkungan dan berikan solusi dari kasus yang dicontohkan tersebut!

Posting Komentar untuk "Hukum Lingkungan - Ujian Akhir Semester"

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat