Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Self Service - Karakter yang perlu dipupuk

Dalam menjalani kehidupan sehari - hari tentunya kita tak lepas dari hubungan sosial. Hubungan sosial ini akan menimbulkan interaksi antar satu dengan yang lainnya. Misalkan kita sedang berbelanja disebuah makanan cepat saji, menyantap hidangan pada saat pesta. Dalam keadaan tersebut paling sedikit ada 2 objek orang yang akan memiliki interaksi yaitu pelanggan restoran / orang yang ikut pesta dan pelayannya. Kita mengenal adanya istilah Self Service dalam hubungan sosial. Bagaiamana Self Service dapat kita terapkan pada contoh diatas? Mari kita ulas secara santai dan sederhana.

Pengertian Self Service

Self service sudah mengakar pada kehidupan negara maju seperti Singapura dan Jepang. Self service secara tata bahasa dapat diartikan sebagai pelayanan yang dilakukan oleh diri sendiri. Pada masa sekarang ini banyak sekali aplikasi dari self service ini mulai dari dunia perbankan yang meliputi menabung melalui mesin dan layanan ATM hingga ke usaha kuliner. Hal ini tentunya sangat memudahkan pelaku usaha untuk efisiensi dan juga dapat mengkampanyekan pola hidup self service ini.

Self Service baik untuk kita

Dari contoh yang admin berikan diatas bagaimana self service dapat membentuk kepribadian seseorang? Kita mengkesampingkan terlebih dahulu tentang self service yang berupa pelayanan yang diberikan mesin, kita sekarang membahas bagaimana kita melakukan self service untuk lebih ke kegiatan amal. Yang kita tahu bahwa pelayan memiliki tugas untuk mengambil dan membersihkan meja jika tamu sudah selesai makan. Nah, bagi kita yang ingin memupuk jiwa self service maka kita bisa mengambil peran disana. Kita bisa membantu pelayan tersebut dengan kita secara mandiri membantu untuk merapikan sisa makanan yang terbuang di meja,  dan meletakkan sampah minum atau tisu di atas piring.

Jika kegiatan ini saja dilakukan oleh setiap orang pada suatu tempat, maka akan terlihat perubahan yang sangat terlihat pada tempat itu. Kita contohkan saja pada efisiensi waktu dan ketersediaan tempat. Pelayan akan mudah menghimpun piring kotor karena sudah dibantu oleh tamu dan tempat cepat bersih dan memberikan kesempatan kepada tamu lain lebih cepat untuk menggunakan tempat itu.
Kita dapat merasakan perbuatan kecil yang kita lakukan dapat memberikan perubahan besar pada suatu sistem sosial.

Berikut manfaat yang dapat kita dan orang lain rasakan dengan Self service:
  1. Beramal dengan memudahkan urusan orang lain.
  2. Mendisiplinkan diri untuk menjaga kebersihan.
  3. Efiensi waktu dan tempat.
  4. Membentuk karakter diri untuk menumbuhkan rasa kepedulian.
  5. Menjaga lingkungan.
Demikian sedikit ulasan tentang Self Service. Semoga dapat bermanfaat pada postingan yang sederhana ini. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Self Service - Karakter yang perlu dipupuk"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat