Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika lalu lintas yang perlu kita tahu

Transportasi sangat dibutuhkan pada era globalisasi ini. Transportasi dapat memudahkan seorang untuk beraktifitas. Dunia pekerjaan sekarang juga semakin berkembang. Pekerjaan tidak melulu pada sektor agraris yang kemungkinan perpindahan tidak begitu jauh. Dengan adanya perusahaan yang berada di suatu tempat dan mengharuskan seseorang untuk melakukan perpindahan. Moda Transportasi sangat membantu seseorang untuk mendukung mobilitas tersebut.

Bagi pemilik kendaraan bermotor tentunya ada aturan yang harus ditaati. aturan tersebut dibuat oleh pejabat pemerintahan guna mengatur ketertiban berlalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan. Tidak hanya peraturan yang tertulis saja, dalam hidup bermasyarakat juga perlu diperhatikan. Sesama pengendara harus ada komunikasi dan etika yang perlu diterapkan. Etika ini merupakan langkah dasar agar peraturan pemerintah dapat dilaksanakan oleh pengendara motor. Berikut admin sampaikan pendapat berkaitan dengan etika lalu lintas yang perlu kita tahu. Ini adalah pendapat pribadi admin, jika ada tambahan atau sanggahan dapat mengutarakannya di kolom komentar.

Etika lalu lintas yang perlu kita tahu

Hidupkan lampu Sign saat berbelok dengan memberikan aba - aba jauh sebelum berbelok

Ini merupakan kritik yang sangat banyak admin dengar kepada Penguasa jalana yaitu emak - emak, hehehe. Emak - emak sudah mendapat branding dari prilaku ini. Banyak emak - emak yang menghidupkan lampu sign atau tanda hanya pada saat akan berbelok. Ada juga yang menghidupkan sign kanan tapi beloknya ke kiri, bahkan ada yang tidak menghidupkan lampu sign saat berbelok.
Nah, ini yang perlu diperhatikan. Pada saat berkendara hendaknya kita mematuhi aturan lalu lintas. dengan sudah menghidupkan lampu sign kendaraan itu sebenarnya sudah mematuhi aturan lalu lintas, tapi tidak hanya sampai disana, Jika kita belajar konsep fisika berkaitan dengan kecepatan, pengendara dibelakang kita butuh waktu untuk melakukan pengereman. Dengan demikian kita harus memberikan aba - aba jauh sebelum kita berbelok. Ini dilakukan agar orang dibelakang kita waspada dan tahu bahwa kita akan berbelok.

Berikan jalan kepada mobil ambulance dan kebakaran.

Ini merupakan perbuatan harus dilakukan oleh pengendara. Dengan memberikan jalan kepada mobil ambulance dan kebakaran kita sudah membantu orang lain. Bagaimana tidak, kita bisa menyelamatkan nyawa dan harta orang lain. Mobil ambulance yang membawa orang sakit membutuhkan akses yang cepat agar pasien dapat diobati secara cepat dan tepat. Begitupun mobil pemadam kebakaran, dengan memberikan jalan kepada mobil pemadam kebakaran kita dapat menyelamatkan orang lain baik itu hartanya maupun nyawanya karena karena mobil pemadam kebakaran dapat cepat menangani suatu bencana.
Nah, Jika sahabat bertemu dengan keadaan seperti ini, silahkan untuk membantu memberikan jalan, jangan kita tidak memberikan jalan berdasarkan ego sendiri.

Ucapkan terimakasih jika didahulukan oleh kendaraan lain.

Ini yang sangat membahagiakan bagi pengendara. Misalkan kita ingin menyalip kendaraan yang ada di depan kita dan kendaraan tersebut memberikan respon untuk mempersilahkan dengan mengurangi kecepatan dan sedikit menepi. Pada saat ini adalah kesempatan kita untuk mengucapkan terimakasih. Bagaimana caranya? kalau kita mengendarai sepeda motor kita cukup mengungkapkan terimakasih dengan isyarat memberikan acungan jempol kepada pengendara. Jika kita mengendarai mobil bisa juga dengan menghidupkan lampu hazar setelah menyalip (ini budaya Jepang dalam mengungkapkan terimakasih) atau menghidupkan klakson tipis sebagai ucapan terimakasih. Hal ini menurut admin sangat membahagiaka. ketika bantuan kita ditanggapi dengan ucapan terimakasih seperti itu. Kenapa admin bisa bilang begitu? karena admin sudah mengalaminya sendiri, rasanya mantaap dan menyenangkan.

Perhatikan Pejalan kaki dan penyeberang.

Pengendara kendaraan bermotor juga harus dan sangat memperhatikan keadan ini. Terhadap pejalan kaki yang ada dijalan raya. Sebaiknya kita mengalah dan memberikan prioritas kepada pejalan kaki. Bahkan pada saat di lampu merah, misalkan lampu sudah menunjukkan tanda hijau tapi ada seorang yang sudah tua menyeberang dengan pelan. Pada aturannya tentunya kita boleh melaju karena lampu sudah hijau. Tapi dengan adanya rasa toleransi dan mengasihi maka kita tidak apa menunggu sampai orang tersebut sampai ke penyeberangan. Hal ini akan menumbuhkan rasa saling mengerti khususnya di area lalu lintas.

Demikian empat etika yang admin perlu diperhatikan oleh setiap pengendara. sebenarnya masih banyak lagi, semoga pada kesempatan lain akan admin tambahkan pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan akhir kata admin ucapkan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Etika lalu lintas yang perlu kita tahu"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat