Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmu Negara - Ujian Tengah Semester

Soal Essay 1 

Plato dan Bakunin telah mengemukakan pandangannya berkaitan dengan Negara, Plato menggambarkan Negara dalam bentuk ideal yang dipersamakan dengan manusia yang memiliki kehendak, akal pikiran dan perasaan. Sedangkan Bakunin berpendapat bahwa Negara itu seharusnya tidak ada karena akan menimbulkan kekacauan dan penindasan.

  1. Menurut pendapat saudara apakah pandangan Plato tersebut bisa terwujud dengan seimbang dalam kehidupan dalam suatu negara? Jelaskan alasan dari pendapat saudara tersebut!
  2. Menurut pendapat saudara, Jika Negara tidak ada, apa yang akan terjadi dalam kehidupan manusia di Dunia? Apakah itu lebih baik dari dengan adanya Negara atau tidak? Jelaskan!

Soal Essay 2

Ada beberapa teori yang memberikan dasar-dasar hukum bagi kekuasaan negara, salah satunya adalah teori Theokrasi yang dibagi pula atas dua bagian yaitu Theokrasi langsung dan Theokrasi tidak langsung.

  1. Apa yang membedakan dari kedua teori Theokrasi tersebut! Jelaskan!
  2. Bagaimana cara suatu negara bisa berjalan berdasarkan Theokrasi langsung? Jelaskan!
  3. Menurut saudara Apakah Teori Theokrasi langsung bisa berjalan secara murni pada suatu negara tanpa campur tangan manusia yang ada di dalam negara tersebut? Jelaskan pendapat saudara!

Soal Essay 3

Di dalam sejarah dunia ada beberapa tipe – tipe negara, salah satunya adalah Tipe Negara Timur Purba. Menurut Penulis Barat, tipe negara purba timur ini dalam sistem pemerintahannya cendenrung sewenang – wenang dengan keputusan Raja yang mutlak.

  1. Apakah saudara sependapat dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasan dari jawaban saudara!
  2. Untuk menguatkan pendapat saudara, berikan contoh bentuk negara atau kerajaan yang sesuai dengan pendapat saudara pada point a, jelaskan!


----------Selamat Ujian, Semoga Sukses----------

Posting Komentar untuk "Ilmu Negara - Ujian Tengah Semester"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat