Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bagian - Bagian Komputer

Halo sahabat Tebe, bertemu lagi kita pada postingan kali ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas berkaitan dengan bagian - bagian Hardware pada komputer. Sahabat yang baru mengenal yang namanya komputer tentunya sangat berguna sekali untuk pengetahuan dasar berkaitan dengan Komputer.


Baiklah tanpa berlama - lama kita langsung masuk pada pembahasannya. Komputer itu sendiri ada yang namanya Hardware dan ada yang namanya Software. Pada kesempatan ini kita akan membahas bagian hardware komputer terlebih dahulu. Mari kita bahas.

CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan pusat pengolahan data - data yang ada pasa suatu komputer. CPU inilah yang nantinya bekerja agar semua aplikasi komputer tampil pada layar komputer dan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa adanya sebua CPU maka komputer itu tidak akan ada dan tidak akan bisa beroperasi.

Monitor

Untuk menampilkan aplikasi yang ada dalam program komputer tentunya kita butuh media yang bisa dilihat dengan mata. Maka dari itu perlu sebuah monitor komputer untuk menampilkan apa - apa saja yang ada dalam CPU. Monitor juga memiliki banyak varian mulai dari monitor tabung, LCD, LED dan lain sebagainya. Jenis monitor tersebut menentukan tingkat kenyamanan mata bagi penggunanya. Jika tidak ada monitor maka suatu komputer juga tidak akan bisa beroperasi walaupun CPUnya hidup atau menyala

Keyboard

Keyboard merupakan media input di dalam sistem yang ada di Komputer. Contohnya kita mau membuat sesuatu atau mengerjakan pengetikan, maka keyboard bisa digunakan untuk media input dalam membuat tugas ataupun bekerja. Kita contohkan saja dalam bermain Video Game, maka keyboard bisa digunakan sebagai navigasi agar bisa memainkan game sesuai dengam keinginan. Selain untuk mengetik, keyboard juga bisa digunakan untuk menjalankan operasi komputer dengan kombinasi tombol sehingga dapat memudahkan dalam bekerja. Keyboard komputer juga memiliki banyak jenis, mulai dari kualitas rendah hingga kualitas tinggi.

Mouse

Mouse adalah alat navigasi yag digunakan untuk mengklik atau memilih aplikasi apa yang ingin dijalankan atau bagian mana yang mau di klik. Sebelum ditemukan mouse, orang pada masanya menggunakan keyboard sebagai navigasi dengan menggunakan kode - kode tertentu. Tapi setelah ditemukannya Mouse, maka pekerjaan orang menjadi semakin mudah karena tidak perlu lagi menggunakan kode keyboard untuk menjalankan navigasi. Mouse juga memiliki banyak jenis mulai dari yang menggunakan kabel, Bluetooth, dan lain sebagainya.

Sebenarnya bagian terpenting dalam sebuah komputer adalah seperti yang mimin sebutkan diatas. Akan tetapi ada lagi hardware penunjang agar mobilitas semakin bagus. Mari kita bahas sekalian

UPS (Uninterruptible power supply)

Peralatan ini sangat berguna jika sahabat mengalami mati lampu atau listrik padam. Ini akan mengamankan data sahabat karena dengan menggunakan UPS komputer sahabat tidak langsung mati. Komputet sahabat akan tetap hidup hingga beberapa waktu, ada yang beberapa menit ada yang hingga 15 menit. Data sahabat yang belum sempat tersimpan bisa disimpan jika menggunakan UPS pada saat mati lampu.

Kamera ekternal

Pada saat ini sebenarntya kamera sudah menjadi kebutuhan pokok dari sebuah komputer, karena kita sekarang banyak menggunakan media online seperti zoom, google meet, Webex dan lainnya. Jika sahabat memang membutuhkan, akan lebih baik untuk dilengkapi agar bisa beraktifitas secara daring.

Microphone

Ini satu lagi yang sudah harus ada di suatu komputer. Gamer, Steamer dan lainnya sangat membutuhkan ini untuk berinteraksi dengan lawan mainnya. Sahabat bisa membeli Microphone dengan merk dan kualitas sesuai dengan isi kantong.

Speaker dan Headset

Hardware ini juga mendukung mobilitas sahabat jika ingin mendengarkan musik ataupun yang lainnya. Sahabat bisa membeli speaker atau headset sesuai dengan selera dan kualitas.

Nah itu dia bagian - bagian dari komputer, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kita dalam menggali ilmu pengetahuan. Sampai jumpa lagi dalam postingan berikutnnya. Salam sehat untuk sahabat semua.



Posting Komentar untuk "Mengenal Bagian - Bagian Komputer"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI