Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Ujian Essay Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan kepada kita tentang Hak, Kewajiban, struktur negara, Regulasi dan wawasan lain yang berkaitan dengan ke-Indonesia-an, sehingga kita sebagai warga negara dapat memahami kekhasan yang membuat kita berbeda dengan negara lain. Selain menyajikan pengetahuan, selanjutnya Pendidikan Kewarganegaraan dapat memupuk sikap mahasiswa sebagai warga negara dalam bentuk kecintaan kepada tanah air, rasa Nasionalisme yang tinggi dan pada akhirnya melahirkan rasa tanggung jawab secara paripurna sebagai warga negara agar kedaulatan negara tetap terjaga dan bertahan.


Berdasarkan materi yang telah disampaikan pada perkuliahan, berikanlah analisis atau pemahaman saudara terhadap narasi dibawah ini:


Narasi:

Tegar adalah orang Indonesia asli yang tercatat sebagai warga negara di Indonesia. Tegar merupakan seorang ilmuan yang bekerja di Luar Negeri. Setidaknya Tegar memiliki 20 paten dibidang teknologi yang sangat berguna bagi masyarakat dunia. Tegar merupakan warga negara yang baik, yang taat aturan baik aturan Negara Indonesia maupun aturan di negara tempat dia bekerja. Tegar selalu membawa identitas Nasional Indonesia di kancah dunia dalam setiap kesempatan sehingga warga negara lain menjadi tahu dengan Indonesia. Setelah 10 tahun menetap diluar Indonesia, Tegar mendapat tawaran untuk pindah Kewarganegaraan. Hal ini memang sangat menguntungkan sekali bagi Tegar karena selain dapat terbebas dari pajak penghasilan yang tinggi, juga dapat memberikan peluang yang besar dalam pengembangan karirnya sebagai ilmuan. Kendala yang dihadapi Tegar sebagai Ilmuan yang berstatus Warga Negara Asing di Negara tempat dia bekerja adalah akses yang dibatasi dalam penggunaan alat untuk pengembangan ilmunya, karena Negara tersebut memiliki regulasi yang membatasi pemakaian alat uji bagi Warga Negara Asing yang mana teknologi tersebut juga belum ada di indonesia.


Pertanyaan:

  1. Menurut pemahaman saudara, sebagai Warga Negara Indonesia, bagaimana seharusnya Tegar bersikap terhadap tawaran tersebut? Jelaskan!
  2. Jika saudara berada pada posisi seperti narasi diatas apa yang akan saudara lakukan? Jelaskan!
  3. Perlukah kita mengenalkan identitas Nasional Indonesia kepada warga negara lain? Berikan alasan dari jawaban saudara!
  4. Menurut pendapat saudara, apakah dengan tawaran dari negara lain tersebut menjadi suatu tantangan bagi Indonesia dalam mempertahankan warga negaranya yang memiliki prestasi? Atau malah itu memang merupakan hak warga negara dalam memilih kewarganegaraannya sendiri? Jelaskan argumen saudara!
  5. Jika Tegar pada akhirnya memilih untuk pindah kewarganegaraan, menurut saudara apakah masih bisa berkontribusi untuk Indonesia? Jelaskan!
  6. Bagaimana seharusnya Pemerintah bersikap dalam narasi diatas? Berikan saran saudara!
  7. Menurut saudara, Apakah kealpaan Pemerintah dalam melengkapi fasilitas untuk menunjang pengembangan potensi Warga Negaranya merupakan suatu hal yang harus menjadi perhatian khusus dalam konteks Kewarganegaraan? Jelaskan argumen saudara!


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Ujian Essay Pendidikan Kewarganegaraan"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat