Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap - Contoh Soal Ujian Akhir Semester Hukum

Hukum Dagang

PT. Farma merupakan produsen obat yang telah berdiri selama 50 tahun. PT. Farma mendapatkan masalah yang sangat serius dengan penurunan omset perusahaan beberapa tahun terakhir ini. Perusahaan menjual saham mayoritasnya kepada seorang pengusaha yang bergerak di bidang obat juga dengan tujuan agar perusahaan ini tetap berjalan dan menguntungkan lagi seperti biasa dan juga melepaskan lembar saham kepada umum. Tapi pada kenyataannya perusahaan farma juga tidak mendapatkan keuntungan setelah beberapa tahun. Akhirnya PT Farma melakukan kredit ke sebuah lembaga pembiayaan dan Sebuah Bank. Setelah beberapa kali jatuh tempo ternyata PT Farma mengalami gagal bayar. PT. Farma sebelumnya juga memiliki sebuah kerjasama dengan sebuah perusahaan distributor obat, karena masalah keuangan dan produksi maka kerjasama ini juga terjadi sengketa.

Pertanyaan:

  1. Menurut saudara apakah PT. Farma bisa dikatakan pailit? Jelaskan!
  2. Apa akibat hukum jika saham mayoritas sudah dibeli oleh pihak lain? Jelaskan!
  3. Menurut saudara bagaimana cara penyelesaian sengketa yang tepat berdasarkan narasi tersebut? Jelaskan!
  4. Apakah ada kemungkinan pihak ketiga bisa ikut serta dalam penyelesaian sengketa tersebut? Jelaskan!

Hukum Perbankan

  1. Jelaskan batasan yang bisa dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat dalam menjalan usaha perbankan! Kenapa perlu batasan untuk Bank tersebut?
  2. Mengapa pada perbankan Syariah tidak mengenal adanya bunga? Apa yang membedakan antara bunga dengan bagi hasil yang outputnya sama yaitu menambah tabungan di dalam dunia perbankan? Jelaskan!
  3. Akad merupakan hal yang krusial dalam transaksi pada perbankan syariah, tentunya harus ada ijab dan qabul supaya lahir suatu kesepakatan. Mengapa pada perbankan syariah masih terdapat perjanjian baku yang tidak bisa diubah dalam melakukan transaksi? Jelaskan!
  4. Jelaskan alasan Pihak Perkreditan memerlukan dokumen yang detail dalam melakukan transaksinya dengan nasabah! Apakah ada kredit tanpa jaminan? Apakah Seseorang dapat dijadikan objek jaminan dalam suatu kredit? Jelaskan!

Ilmu Negara

  1. Bagaimana bentuk Kekuasaan Negara dan Hukum dalam menentukan Politik Hukumnya? Jelaskan!
  2. Menurut saudara bagaimana sebuah konstitusi itu lahir? Apa konsekuensi dari penetapan Konstitusi oleh suatu negara terhadap undang-undang yang ada dibawahnya? Jelaskan!
  3. Bagaimana dampak jika fungsi legislatif diambil alih oleh eksekutif dalam suatu Negara? Jelaskan!
  4. Menurut saudara apa kelebihan dan kekurangan dari pengangkatan hakim agung oleh Presiden? Kenapa hakim agung tidak diangkat dan dipilih oleh lembaga independen? Jelaskan!

Pancasila dan Kewarganegaraan

  1. Penegakan hukum dan HAM di Indonesia merupakan hal yang krusial untuk dilakukan. Sejauh mana saudara memandang penegakan hukum dan HAM di Indonesia? Jelaskan dengan pendapat sendiri!
  2. Wawasan Nusantara sebagai geopolitik Indonesia merupakan cara pandang bangsa terhadap politik berdasarkan keadaan geografi wilayah. Menurut saudara bagaimana wawasan nusantara bisa menyatukan perbedaan cara pandang masing suku bangsa yang ada di Indonesia? Jelaskan!
  3. Bagaimana sikap kita selaku warga sipil mengetahui adanya alat mata – mata dari negara lain terhadap ketahanan nasional? Jelaskan!
  4. Menurut Saudara, apa hubungan antara kearifan lokal yang beraneka ragam dengan upaya melakukan Integrasi Nasional? Jelaskan! Apa upaya yang bisa dilakukan untuk Integrasi Nasional melalui kearifan lokal? Jelaskan!

Pengantar Hukum Kesehatan

Rumah Sakit A adalah sebuah Rumah Sakit swasta yang besar di daerahnya. Rumah Sakit A membutuhkan banyak sekali kerjasama dengan pihak lain untuk menunjang operasionalnya. Pada suatu ketika terdapat kendala terhadap dua kerjasama sekaligus, yaitu kendala pasokan air bersih yang macet karena kelalaian pihak penyedia. Disamping itu ada permasalahan yang timbul karena perjanjian pengadaan untuk peremajaan AlKes yang terlambat datang di lokasi berdasarkan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya sedangkan Alkes tersebut sangat dibutuhkan untuk sebuah operasi berat. Pada kondisi tersebut pimpinan rumah sakit juga sedang mengambil cuti tahunan selama 12 hari kerja sehingga segala urusan menjadi terganggu.

Berdasarkan narasi tersebut silahkan analisa dengan pertanyaan sebagai berikut:

    1. Menurut saudara apakah bisa terjadi penurunan pelayanan kesehatan dengan adanya masalah tersebut? Jika ada, Pelayanan apa saja yang terdampak? Jelaskan!
    2. Permasalahan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk diselesaikan / dipenuhi? Jelaskan dengan alasan!
    3. Dapatkah Pihak Rumah sakit mengajukan upaya melalui jalur hukum terhadap permasalahan tersebut? Kalau dapat, melalui jalur apa (Pidana/Perdata/Administrasi)? Jelaskan dasar argumen saudara!
    4. Apakah pimpinan Rumah Sakit mempunyai kewenangan dalam menyelesaikan permasalahan ini? Jelaskan!
    5. Sebagai seorang Tenaga Kesehatan, menurut saudara, hal dasar apa yang harus diperbaiki untuk kemajuan pelayanan kesehatan di Indonesia? Jelaskan!

Perancangan Kontrak

  1. Jelaskan apa saja yang dilakukan dalam tahap pra perancangan kontrak! Apa pentingnya Pra Perancangan Kontrak? Jelaskan!
  2. Apa akibat hukum jika salah satu anatomi kontrak tidak tidak ada (Hilang)?
  3. Jelaskan perbedaan antara akta otentik dengan akta dibawah tangan! Mengapa Akta otentik memiliki kekuatan hukum yang sempurna? Jelaskan!
  4. A adalah seorang pengusaha burung walet, dia menyewa sebuah tanah dan bangunan untuk dijadikan tempat budidaya walet. A melakukan kontrak dengan pemilik tanah yang kebetulan adalah kerabat dekatnya. Karena kerabat dekat kontrak hanya dilakukan diatas materai tanpa adanya saksi dan waktu berakhirnya kontrak. 
    • Apakah kontrak tersebut memiliki kekuatan hukum jika terjadi sengketa suatu saat? Jelaskan!
    • Termasuk dalam akta apakah perjanjian yang dilakukan tersebut?
    • Apakah pemilik tanah dapat menghentikan jangka kontrak kapanpun yang dia mau? Jelaskan!

Posting Komentar untuk "Lengkap - Contoh Soal Ujian Akhir Semester Hukum"

Pasang Backlink Profesional Terpercaya untuk Blog Anda di Website Ini

KLIK DISINI

Subscribe juga Channel YouTube Author, semoga bermanfaat